-->

Apa Itu Latihan Compound Exercise dan Isolation Exercise

Dalam melakukan aktivitas gym ada dua metode yang sering digunakan yaitu latihan compound exercise dan isolation exercise.

Dimana ada beberapa yang berpendapat bahwa latihan compound exercise adalah metode latihan terbaik, namun juga ada yang berpendapat bahwa latihan isolation exercise merupakan metode latihan yang paling baik.

Apalagi bagi Anda (seorang pemula) pasti semakin bingung metode mana yang baik buat Anda heheh... 

Nah kali ini wiwa10 akan memberikan gambaran tentang metode latihan mana yang paling efisien dan efektif dari segi waktu.

Mengenal Latihan Compound dan isolation exercise

Pengertian dan Perbedaan Metode Latihan Compound exercise dan isolation exercise


Latihan Compound Exercise


Compound Exercise adalah suatu jenis latihan yang hanya melibatkan beberapa kelompok sendi dan otot tubuh.

Contonya adalah latihan fitnes dengan bench press, dimana kedua bahu serta siku sendi yang bekerja untuk melakukan gerakan.

Latihan tersebut menggabungkan kerja dari beberapa komponen kelompok otot, seperti otot-otot dada, bahu dan trisep.

Contoh bentuk latihan compound exercise yaitu overhead press, dip, deadlift, pull-up, row, squat, cable pulldown dan leg press.

Latihan Isolation Exercise


Isolation Exercise adalah suatu jenis latihan yang hanya fokus melibatkan satu kelompok sendi dan otot saja (pastisipasi otot lainnya dibatasi).

Contohnya gerakan bisep curls merupakan salah satu jenis latihan isolation exercise, karena hanya melibatkan sendi siku dan otot bisep saja untuk bergerak.

Contoh gerakan lain yaitu dumbell fly, lateral raise, dumbell pullover, front raise, cable straight arm pulldown, leg curl, calf raise dan leg extension.

Pada metode latihan isolation exercise, kebanyakan latihan ini cocok digunakan untuk menggunakan beban yang lebih ringan dan repetisi tinggi. Sehingga Anda (pelaku latihan) dapat melakukan periodisasi dan pengendalian volume latihan.

Walaupun isolation exercise hanya fokus pada satu kelompok otot dan sendi saja, bukan berarti tidak memiliki manfaat lainnya. Isolation exercise bisa menyediakan lebih banyak volume saat otot sekunder lelah, bisa menargetkan otot-otot mana saja yang ingin Anda fokuskan serta dapat bekerja pada kelompok otot utama tanpa overdeveloping otot sekunder.

Nah itulah penjelasan dan perbedaan tentang bentuk latihan fitnes (compound dan isolatio exercise.

Lalu Metode Manakah Yang Terbaik?


Jika kita hanya fokus pada mana yang terbaik, sampai besok kita tidak akan mendapatkannya. Karena setiap metode latihan mempunyai tata cara, fungsi serta hasilnya masing-masing. Sehingga tidak ada metode mana yang lebih efektif dan efisien, semua tergantung dari tujuannya.

Namun untuk metode terbaiknya adalah metode yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Lalu langkah selanjutnya adalah Anda harus melakukan metode latihan tersebut dengan serius dan berkelanjutan sampai tujuan Anda tercapai.

Tetapi jika waktu latihan fitnes /  berolahraga Anda terbatas oleh kesibukan, maka saya sarankan untuk memperbanyak program latihan compound exercise ketika membuat program latihan.

Sumber Refensi
https://www.apki.or.id/compound-exercise-vs-isolation-exercise/
LihatTutupKomentar