-->

7 Saran Membentuk Otot Untuk Orang Kurus yang Wajib Anda Lakukan

Pria Kurus Ingin Punya Otot? Ikuti Saran Ini! - Orang kurus sudah pasti mendambakkan memiliki otot dan tubuh yang kekar. Apalagi seorang pria kurus, pasti ingin sekali memiliki otot setta badan yang terbentuk indah dan atletis. Oleh karena itu Anda harus mengikuti saran tentang bagaimana cara membentuk otot tubuh bagi orang kurus.

Banyak laki-laki menafsirkan kejantanan dengan bentuk lekukan otot-otot pada tubuhnya. Namun bagi seorang laki-laki bertubuh kurus, ajang kebanggaan ini dirasa sulit diraih mengingat potensi tubuhnya jauh dari postur para atlet. Padahal persepsi seperti itu salah.

Meskipun demikian, pria yang bertubuh kurus jangan mudah menyerah (patah semangat), hanya karna mereka susah memiliki otot dan postur yang besar. 

Karena menurut  seorang pelatih kebugaran dan ahli nutrisi, yang bernama Ben Greenfield,  pria kurus itu justru memiliki keuntungan dikarenakan tubuhnya memiliki kandungan kadar lemak yang rendah secara alamiah. Dan inilah suatu kelebihan, mengingat otot mereka akan terlihat lebih menarik ketimbang otot orang yang bertubuh besar.

cara fitnes orang kurus untuk membentuk otot

Saran Untuk Orang Kurus Yang Ingin Membentuk Otot dan Tubuhnya


Agar pria bertubuh kurus tampak lebih berisi dan berotot, berikut adalah tujuh saran dan cara membuat badan berotot untuk orang kurus yang disampaikan Ben berdasarkan pengalamannya :

1. Lebih sering angkat beban


Untuk membentuk dan menumbuhkan otot tubuh, Anda perlu merangsannya, cara biasanya adalah dengan melakukan fitness secara rutin satu minggu sekali dengan latihan angkat beban. Meski, otot pada orang kurus memang sedikit lebih sulit muncul pada awal-awal latihannya. Oleh karena itu orang kurus membutuhkan 4 -6 kali lebih banyak latihan untuk membentuk otot dan tubuhnya. Anda bisa saja mendapatkan hasil lebih cepat jika mengangkat beban dua kali sehari. Tetapi untuk pemulihannya ANda membutuhkan waktu sehari.

Untuk pria yang postur tubuhnya kurus, latihan angkat beban dapat menggunakan satu sesi/periode yang umum guna melatih otot dada dan otot punggung pada hari pertama. Pada hari kedua dapat dilanjutkan dengan latihan angkat beban yang berguna melatih otot bisep dan trisep, selanjutnya kaki dan bagian tengah badan pada hari ketiga. Setelah itu barulah beristirahatkan satu hari kemudian lanjutkan pelatihan sesuai urutan tersebut.

2. Perlu pelatih / partner


Pada umumnya orang bertubuh kurus tidak kuat mengangkat beban berat sehingga mengakibatkan otot lama terbentuk. Oleh karena hal itulah, mereka membutuhkan pelatih pribadi atau teman berolahraga di gym yang akan membantunya untuk latihan membentuk otot. Untuk pemilihan berat beban, pilihlah beban yang lebih ringan dengan pengulangan lebih sering (banyak pengulangan). Karena cara tersebut lebih efektif, daripada Anda memilih beban berat dan pengulangan sedikit.

3. Kombinasi latihan


Saran kombinasi latihan ini tidak boleh disalahartikan. Maksudnya adalah, Anda tetap berlatih latihan yang sama setiap minggu selama tiga sampai lima minggu. Namun ada baiknya proses latihan juga dikombinasikan dengan beberapa gerakan, supaya dapat menumbuhkan otot-otot yang lain juga. Sehingga terlihat seimbang.

4. Makan daging


Daging merupakan makanan berserat bagi otot yang kaya lemak, protein dan pembentuk hormon yang akan membantu menumbuhkan otot Anda lebih cepat. Selain itu anda juga wajib mengonsumsi 500 - 1000 kalori ekstra setiap hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Volume makanan dan protein yang tinggi akan meningkatkan hormon testosteron. Selain daging sapi, rekomendasi makanan lainnya adalah telur dan makanan laut.

5. Konsumsi Asam Amino


Seorang binaragawan dan penggemar latihan kekuatan otot, seriing membutuhkan suplemen yang dikonsumsi atau disebut “branched chain amino acids” (BCAAs). Suplemen ini berisi protein tinggi dan mudah diserap oleh otot-otot tubuh ketika latihan. Suplemen ini harganya tidak mahal dan mudah didapatkan serta baik dikonsumsi tanpa menyebabkan efek samping pada perut baik sebelum, selama maupun sesudah latihan. Untuk membentuk otot tubuh, Anda perlu menngonsumsi suplemen ini sekitar 10 - 20 gram yang diminum sebelum latihan, kemudian diminum lagi setiap 60 - 90 menit selama latihan.

6. Makan lebih sering


Seringnya berlatih, maka akan membakar karbohidrat dalam tubuh Anda. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu makan sekitar 300 - 600 kalori yang mengandung karbohidrat dua sampai tiga jam sebelum latihan. Untuk sumber karbohidrat bisa Anda dapatkan pada kentang, ubi jalar, outmeal, beras merah atau sumber lain yang sehat.

Jika Anda mengonsumsi makanan lain setelah selesai latihan, pastikan makan dalam jumlah kecil karena otot akan dengan cepat menyerap gula setelah Anda selesai berlatih. Khusus pria kurus, memang mereka harus banyak makan. Mereka wajib makan sebelum latihan serta sesudah berlatih sampai empat sampai lima makanan tambahan. Memang kelihatannya seperti banyak makan, tapi inilah yang diperlukan pria kurus untuk membentuk ototnya.

7. Suplemen


Anda memang mendapatkan asupan nutrisi, vitamin, dan mineral dari makanan yang Anda makan. Tetapi, agar tubuh tetap bugar sembari Anda berlatih membentuk otot, maka Anda butuh suplemen. Konsumsi BCAAs mungkin sudah Anda lakukan, tapi ada suplemen lain yang efektif membantu pria kurus membentuk otot. Suplemen tersebut seperti Creatine, Carnitine, Citulline, dan Beta Alanine. Suplemen tidak dimaksudkan sebagai pengganti tenaga agar kuat atau lebih sering angkat beban. Tetapi, konsumsi suplemen dapat membantu meningkatkan target.

Nah itulah 7 saran yang bisa Anda lakukan, untuk dapat membentuk otot tubuh kurus menjadi lebih berisi dan kekar.
LihatTutupKomentar