-->

Tips Memulai Fitness Yang Benar Untuk Pemula

Pola Latihan Fitness Yang Baik dan Benar - Kali ini wiwa10 akan memberikan 5 tips memulai fitnes untuk pemula wanita ataupun pria. Sehingga Anda tidak akan salah dalam melakukan latihan serta gerakan fitnes di tempat gym.

Dan setelah Anda membaca artikel ini, harapannya Anda dapat mengeti program fitnes yang baik dan benar seperti apa. Apalagi untuk Anda seorang pemula wajib mengetahui progam fitnes yang benar itu yang bagaimana?

Tempat gym dimana mana sama saja kok, yang penting itu programnya dan Anda bisa konsisten. Seperti yang saya bilang kalau programnya bagus latihan dirumah juga bisa.

pola latihan fitnes untuk pemula

Tips Memulai Fitnes / Gym Untuk Pemula


1. Tentukan tujuan Anda


Sebelum Anda benar-benar melakukan latihan fitnes. Anda harus sudah mempunyai tujuan. Tujuan fitnes Anda seperti apa?

Apakah ingin membentuk otot menjadi lebih besar atau hanya sekedar untuk meningkatkan daya tahan ataupun kekuatan otot saja.

Karena tujuan fitnes (goal) akan sangat berpengaruh terhadap program dan bentuk latihan fitnes Anda. Sehingga silahkan tentukan terlebih dahulu tujuan fitnes Anda.

Itulah mengapa pentingnya memiliki tujuan pasti ketika akan memulai aktivitas fitness.

2. Apakah hanya cukup dengan latihan cardio saja?


Angkat beban bisa menaikan metabolisme Anda sehingga berat badan Anda jadi stabil dan susah gemuk. Bila Anda wanita Anda tidak perlu takut soal mengangkat beban dan menjadi kekar. soal mitos fitness wanita aku sudah pernah bahas, silahkan di baca disini.

Sebalikanya Anda malah akan cepat kurus dan sexy untuk wanita bila mulai bermain beban. Bila kita berbicara soal pola latihan yang benar adalah 65% focus pada main beban 35% focus pada cardio itu baru benar. Misalnya Anda latihan 60 menit, di 40 menit pertama Anda harus memiliki pola latihan angkat beban yang benar dan 20 menit terakhir Anda boleh melakukan cardio. Cara Kardio yang benar baca disini. 

Latihan beban disini Anda tidak perlu berat berat seperti bayangan Anda enteng enteng dulu saja yang penting teknik dan bebas cedera. Gerakan squat dengan menggunakan tubuh sendiri sudah di kategorikan sebagai angkat beban kok.

Untuk kardio yang benar Anda bisa melakukan gerakan apapun yang Anda suka mulai dari skipping, kelas zumba, kelas body combat, treadmill, jogging, elliptical , basket , renang dan lain lain. Jadi bila ingin menurunkan berat badan aku saranakan kombinasi pola kardio dan angkat beban untuk hasil yang cepat

3. Frequensi latihan


Jika Anda memiliki program latihan fitness yang benar, sebenarnya Anda tidak perlu pergi ke tempat gym seminggu full. Anda cukup 3-4 kali saja dalam seminggu dan itu sudah bagus. Dan jam nya bebas, sesuaikan dengan waktu luang Anda.

Disini yang terpenting Anda melakukan olahraga / fitnes dan konsisten.

4. Pola makan


Nah setelah Anda memiliki tujuan fitnes, maka Anda akan dengan mudah mengatur pola latihan dan kardionay seperti apa. Setelah itu Anda harus belajar soal pola makanan yang benar, supaya dapat membantu tercapainya program latihan Anda.

Pola makan dalam masa program latihan fitnes itu peting. Karena tidak semua makanan mempunyai jumlah kalori yang sama. Sebagai contoh 400 kalori/energi dari kentang goreng dan 400 kalori dari ikan salmon dan sayur brocoli itu berbeda.

5. Waktu istirahat


Dalam dunia fitnes itu berarti kita berbicara tentang beban latihan. Dimana kebanyakan latihan menggunakan beban dan alat-alat fintes. Meski tidak semuanya seperti itu.

Nah jika Anda ingin meningkatkan massa otot supaya metabolisme bertambah dan terlihat lebih atletis, maka Anda perlu latihan angkat beban.

Dan waktu istirahat disini juga dapat menjadi penentu keberhasilan program fitnes Anda. Karena otto berkembang paling banyak ketika sedang tidur, dan pastikan bahwa waktu tidur Anda 7-8 jam perhari. Dan jangan sampai kruang dari 6 jam waktu istirahat, karena akan membuat pertumbuhan otot menjadi tidak maksimal. Apalagi jika Anda sudah berkerja dan melakukan olahraga, tetapi kurang tidur. Hal itu akan membuat Anda menjadi rentan sakit.

Nah itulah Tips Memulai Fitness Yang Benar Untuk Pemula, semoga dengan penjelasan di atas Anda semakin paham akan pola latihan fitnes yang benar.
LihatTutupKomentar