-->

Apa Itu Sosial Media?

Pengertian Sosail Media


Sosial media adalah sebuah media yang berguna untuk berinteraksi (bersosialisasi) satu sama lain (sesama pengguna sosmed) dan dilakukan secara online yang memungkinkan pengguna (manusia) untuk saling berinteraksi tanpa batas ruang dan waktu.

Apa yang dimaksud dengan sosmed?


Apa itu sosmed? Sosmed adalah sebuah singkatan dari kata "Sosial Media". Sosmed adalah sebuah media yang berguna untuk bersosialiasi antar pengguna yang terhubung secara online, tanpa batas ruang dan waktu. Sehingga lebih efisien dan efektif.

Apa saja yang termasuk media sosial?


Sosial media bisa dikelompokkan menjadi beberapa bagian (jenis) besar yakni:

  1. Jenis Social Networks, media sosial untuk berfungsi untuk bersosialisasi dan berinteraksi ( Facebook, myspace, hi5, Linked in, bebo, dll)
  2. Discuss, sebuah media sosial yang memfasilitasi para penggunanya untuk melakukan obrolan dan diskusi (google talk, yahoo! M, skype, phorum, dll)
  3. Share, media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk saling berbagi file, video, music, dll (youtube, slideshare, feedback, flickr, crowdstorm, dll)
  4. Publish, contohnya wordpredss, wikipedia, blog, wikia, digg, dll
  5. Social game, media sosial berupa game yang dapat dilakukan atau dimainkan bersama-sama (koongregate, doof, pogo, cafe.com, dll)
  6. MMO (kartrider, warcraft, neopets, conan, dll)
  7. Virtual worlds (habbo, imvu, starday, dll)
  8. Livecast (y! Live, blog tv, justin tv, listream tv, livecastr, dll)
  9. Livestream (socializr, froendsfreed, socialthings!, dll)
  10. Micro blog (twitter, plurk, pownce, twirxr, plazes, tweetpeek, dll)

Dari beberapa kelompok media sosial / sosial media di atas, ada beberapa contoh media sosial yang sering digunakan oleh banyak orang, antara lain:

1. Facebook

facebook fb
Facebook (FB) sebuah jejaring sosial yang memiliki 1 miliar lebih pengguna. Dan terbesar di jagad raya ini untuk urusan pengguna. Facebook bukan hanya sekeddar jejaring sosial, karena Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini. Untuk mengunjunginya www.facebook.com

2. Twitter

twitter
Microblogging ini memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile. www.twitter.com

3. Pinterest

pinterest
Pinterest adalah sebuah virtual pinboard di mana Anda bisa mengunggah foto atau gambar yang bisa dimasukkan kedalam kategori-kategori yang bisa di customize namanya. Semisal kategori 'food and drink' di mana berisi foto dan gambar makanan dan minuman. (wikipedia)

4. LinkedIn

linkedin
Salah satu jejaring sosial yang dikenal sebagai jejaring sosial pekerja profesional. Menghubungkan antar profesional maupun dengan brand atau perusahaan. Kini miliki 175 juta pengguna. linkedin.com

5. Instagram

Instagram
Jejaring sosial ini memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar. lebih. Tidak hanya sebatas jejaring sosial, Instagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar. Saat ini telah miliki 100 juta lebih pengguna. instagram.com

6. Flickr

flickr
Situs berbagi foto ini kini miliki 75 juta pengguna. Flickr masif digunakan di kalangan pecinta fotografi. flicker.com

7. Foursquare

foursquare
Sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi yang bergantung pada perangkat lunak untuk peralatan bergerak. https://id.foursquare.com

8. Path

path
Disebut sebagai smart jounal online, Path tetap menghubungkan pengguna dengan keluarga, kerabat, dan sahabat. Saat ini miliki 5 juta pengguna.

9. Youtube

yaoutube
Sebuah situs website berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005.

10. Yahoo Mail

yahoo mail
Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM“) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!.

Apa manfaat dari media sosial?


Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari sosial media / media sosial / jejaring sosial tersebut.

Salah satunya yang begitu terasa secara umum adalah sosial media bisa menghapus batasan-batasan penggunanya untuk bersosialisasi tanpa batasan ruang dan waktu.

Dengan menggunakan media sosial ini pengguna dimungkinkan dapat berkomunikasi satu sama lain dimanapun mereka berada dan kapanpun. Tidak peduli seberapa jauh jarak mereka. Dengan sayarat mereka saling terhubung dengan internet.

Manfaat media sosial secara khusus bagi manusia

  • Sosial media bermanfaat untuk sarana bersosialisasi
  • Sosial media dapat menggantikan fugnsi dari buku diary
  • Sosial media dapat mempertemukan teman lama
  • Sosial media dapat untuk menambah teman baru
  • Sosial media sebagai media penghibur
  • Media sosial sebagai tempat menyalurkan hobi
  • Sosial media dapat sebagai sumber informasi yang ter-update
  • Sosial media untuk meminta bantuan
  • Sosial media utnuk menambah ilmu pengetahuan
  • Soasil media untuk mencari keungungan (uang / bisnis/ usaha)


Nah itulah penjelasan mengenai apa itu sosial media beserta manfaatnya, semoga bermanfaat buat kita semua.
LihatTutupKomentar