Cara Membuat Alat Pull Up Sendiri di Rumah

Sedikit berbagi cara membuat tiang pull up dari pipa besi - Sebelum kita masuk kecara membuat alat pull up di rumah sendiri. Alangkah baiknya Anda mengerti tentang alat fitnes yang bernama iron gym. Iron gym adalah sebuah alat fitnes berbentuk sederhana tetapi berguna untuk membantu membentuk otot tubuh. Dan alat ini bisa berguna untuk berlatih pull up, sit up, push up dan dips.

Nah iron gym ini bisa juga disebut dengan alat pull up kalau di pedesaan. Untuk memiliki alat pull up ini, Anda bisa dengan cara membeli dan juga cara membuat sendiri.

Setelah membaca artikel ini, Anda akan mengerti cara memasang tiang pull up sederhana di rumah sendiri. Dan pastinya akan menghemat biaya daripada dengan membeli alat fitnes iron gym ini. Meski sebenarnya juga murah sih alat ini dan bisa dipasang dimana saja, seperti dinding, pintu rumah atapun di lantai.

Nah itulah sedikit gambaran tentang apa itu alat pull up atau alat fitnes iron gym. Sekarang kita lajut ke bagaimana cara bikin alat pull up sendiri, dari besi ataupun bahan lainnya.

Cara Membuat Alat Pull Up Sendiri


Sebelum memulai membuat alat pull up di rumah sendiri. Sebaiknya dipersiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya.

Supaya proses buid alat pull up ini berjalan lancar.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Alat Pull Up

1. Besi panjang
2. Las besi
3. Semen untuk bikin pondasi
4. Gergaji besi
5. Meteran

Ukuran Standar Alat Pull Up Bar


Untuk yang mempunyai tinggi badan 1,65 m - 1,71 m, maka tinggi tiang total pull up nya adalah 2,6 - 2,7 meter.

Dan jika Anda mempunyai tinggi badan antara 1,72 - 1,8 meter, maka tinggi total alat pull up nya adalah 2,7 - 3 meter.

Sedangkan untuk lebarnya adalah 1-1,5 meter. Dan panjang besi yang harus dikubur sebagai pondasi dalam tanah antara 50-60 cm.

Ukuran untuk membuat alat pull up bar


Nah setelah Anda mengerti berapa rekomendasi ukuran pull up bar nya, kini Anda bisa memulai membikin pull up bar di rumah.

  1. Potonglah besi tadi dengan ukuran 3 meter sebanyak dua buah, yang digunakan untuk tiang pull up vertikalnya.
  2. Lalu dengan meteran, Anda ukur panjang antara 1-1,5 meter (tiang horizontal) yang digunakan sebagai pegangan tangan ketika melakukan pull up
  3. Selanjutnya adalah Anda menggali tanah, dimana digunakan untuk menancapkan tiang pull up tadi sebagai pondasi dan silahkan disemen biar lebih kuat.
  4. Setelah itu Gunakan las listrik, untuk mengelas tiang horizontal tadi. Dimana yang berfungsi untuk pegangan tangan.
  5. Nah sudah jadi, alat pull up bar buatan sendiri di rumah. Dengan begitu kini anda memiliki alat pull up dari pipa besi.

Membuat alat pull up bar
Gambar pull up bar sederhana

Memasang Alat Pull Up / Iron Gym di Dinding


Alat iron gym portable ini sangat mudah digunakan serta praktis jika mau dibawa kemana saja.

Karena alat iron gym ini mudah dirakit. Bahannya pun terbuat dari logam ringan namun tetap kuat.

Alat iron gym push up bar ini di rancang oleh ahli fitness Internasional, menjadi alat fintess murah dan alat fitness sederhana, alat yang revosioner, kecil, mudah di pakai, dan hadir dengan harga yang ekonomis.

Bisa digunakan oleh siapa saja baik pria maupun wanita dimanapun anda berada dan tinggal. Sangat efektif untuk membentuk otot tubuh atas dan bawah. Iron gym fitness merupakan alat olah raga yang sederhana dengan manfaat yang luar biasa. Alat ini di design apik dan praktis sehingga dapat di bawa kemana saja.


Doorway Pull-up Bar




Dengan demikian kini Anda bisa memulai fitnes di rumah. Sehingga tidak perlu lagi pergi ke tempat gym center untuk melakukan fitnes.

Nah itulah cara membangun alat fitnes berupa alat pull up bar di rumah sendiri, dengan bahan serta alat yang mudah didapatkan. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar