-->

4 Cara Membuat Jadwal Fitnes Yang Baik Bagi Pemula

Tips membuat jadwal fitnes / gym yang baik bagi pemula - Disaat Anda melakukan suatu olahraga, Anda membutuhkan suatu perencanaan / planning sebelum melakukannya, supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Nah kali ini wiwa10 akan memberikan penjelasan tentang tips dalam membuat jadwal fitnes yang baik serta efektif, khususnya untuk para pemula fitness yang baru bergabung di gym center serta baru memulai aktifitas olahraga fitnes.

Semoga dengan adanya penjelasan tentang cara membuat jadwal fitnes yang baik dan efektif untuk pemula ini, dapat mempermudah Anda dalam menyusun jadwal fitnes harian Anda sesuai dengan kegiatan Anda.

Oke langsung saja, kita bahas Bagaimana Cara Membuat Jadwal Fitnes Yang Baik Untuk Pemula.

Tips Membuat Jadwal Fitnes Yang Baik untuk Pemula

4 Tips Membuat Jadwal Fitnes Yang Baik Bagi Pemula


Dalam membuat jadwal fitnes yang baik dan efektif, serta tidak mengganggun rutinitas kegiatan / perkerjaan Anda, maka silahkan disimak penjelasan di bawah ini:

1. Tentukan tujuan


Sebelum melakukan aktivitas rutin fitnes, terlebih dahulu Anda harus menentukan goal / tujuan Anda dalam latihan fitnes.

Apakah ingin membentuk badan menjadi lebih ideal / atletis? Atau hanya sekedar untuk menjaga kebugaran tubuh saja.

Karena tujuan fitnes akan mempengaruhi jadwal dan pola latihan fitnes Anda.

2. Prioritaskan tubuh mana yang akan Anda latih


Setiap orang pasti memiliki kekurangan badan masing-masing. Seumpamanya perutnya buncit, badan kurus, lengan bergelambir penuh lemak. Nah oleh karena itu, Anda harus memprioritaskan bagian tubuh mana yang akan Anda latih pada setiap sesi latihannya.


3. Tentukan durasi latihan fitnes


Apakah Anda akan melakukan latihan fitnes 3-4 kali dalam seminggu, atau hanya 2-3 kali dalam seminggu dengan jam terserah Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda melihat kegiatan harian Anda, supaya pekerjaan dan latihan fitnes bisa berjalan beriringan.

Yang pasti untuk durasi latihan jangan sampai  kurang dari dua kali dalam seminggu. Apalagi Anda ingin mengurangi lemak tubuh, usahakan latihan fitnes 4 kali dalam seminggu.

4. Pilih dan tetapkan tipe / model latihan fitnes yang akan Anda lakukan


Latihan otot dada dan tricep biasanya dikerjakan bersamaan sebab latihan otot dada juga beresiko ke tricep. Latihan otot punggung serta bicep juga jadikan satu. Dalam setiap kali latihan jadi hanya boleh melatih 1 otot besar (bisa otot dada atau otot punggung) yang bisa dilatih. Melatih otot perut juga membuat badan semakin kuat serta tidak mudah ambruk. Di samping berlatih otot perut, melatih otot kaki juga disendirikan tetapi masihlah dapat digabungkan dengan latihan otot pantat.

Contoh Jadwal Fitnes Yang Baik dan Efektif Untuk Pemula


Jadwal fitnes yang baik dan efektif untuk pemula idealnya harus mampu memberikan waktu pada otot-otot badan istirahat setelah dirusak. Dan inilah contoh jadwal fitnes yang baik untuk satu minggu yang cuma melakukan sesi latihan selama tiga hari saja : 

  • Hari Senin : latihan otot dada, otot tricep, otot perut serta otot kaki. 
  • Hari Selasa : off 
  • Hari Rabu : latihan otot punggung, otot bicep, otot pantat serta otot pinggang. 
  • Hari Kamis : off 
  • Hari Jumat : latihan otot perut, latihan otot kaki, otot pantat serta otot pinggang. 


Anggapan yang dipakai yaitu : melatih otot badan bagian bawah, tidak mempunyai tujuan mengurangi berat badan tetapi hanya membentuk saja dan mempunyai waktu 3 kali satu minggu dengan setiap kali latihan kurang lebih 1,5 jam saja serta telah terhitung latihan cardio selama 15 menit. 

Nah itulah Tips Membuat Jadwal Fitnes Yang Baik untuk Pemula, dengan membuat jadwal fitnes yang baik jadi anda tidak akan sembarangan dalam berlatih. Yang paling utama yaitu bagian badan yang ditarget mendapatkan jumlah porsi latihan yang lebih sering. Hal paling utama adalah anda harus mempunyai semangat tinggi untuk melakukan fitnes. Jadwal dibuat pastinya untuk dipraktekkan. Tetap latihan secara rutin dan teratur agar apa yang kita inginkan dapat tercapai.
LihatTutupKomentar