Inilah 5 Manfaat Body Combat Untuk Tubuh Yang Anda Butuhkan

Zaman sekarang banyak sekali pilihan olahraga yang menyenangkan untuk menurunkan masalah berat badan. Dimulai dari olahraga jenis kardio dimana secara efektif dapat membakar banyak lemak serta kalori. Ada juga olahraga ringan yang bermanfaat untuk melemaskan otot-otot serta meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda. Terlepas dari itu semua pada intinya melakukan olahraga adalah untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

Badan yang sehat dan bugar dapat dilihat dari tingkat daya tahan terhadap berbagai virus dan penyakit, massa otot, tekanan darah, sampai kadar lemak dalam tubuh Anda.

Nah, kini ada salah satu jenis olahraga / fitnes yang manfaatnya maksimal untuk kesehatan ataupun keindahan bentuk tubuh Anda, yaitu body combat.

Aktivitas olahraga ini sangat seru dan asik, dikarenakan gerakan-gerakannya hasil perpuduan dari egrak seni bela diri dengan iringan musik up beat khas bodycombat yang menambah semangat ketika latihan. Meski terlihat hanya seperti gerakan senam pada umumnya, ternyata dengan melakuakn olahraga ini secara teratur mampu membantu membakar kalori yang banyak dan memberikan manfaat maksimal terhadap kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa penjelasannya.

Manfaat Body Combat Untuk Kesehatan Tubuh


Jika Anda rutin ikut kelas bodycombat, maka Anda akan mendapatkan beberapa manfaat kesehatan untuk tubuh seperti di bawah ini:

1. Mengurangi Risiko Obesitas


Bagi Anda yang ingin memiliki tubuh ideal tanpa lemak berlebih, maka mulailah ikut kelas bodycombat di tempat fitnes center. Karena body combat merupakan salah satu olahraga kardio terbaik untuk membakar lemak, sehingga baik untuk membantu proses penurunan berat badan.

Selain itu menurut bodycombat les mills asia pasifik, dengan melakukan latihan body combat selama 50 menit, Anda dapat membakar sekitar 740 kalori. Asumsinya dengan tingkat pembakaran sebanyak itu setiap sesi latihan, maka akan dapat mengurangi resiko obesitas dan secara otomatis tidak mudah terserang penyakit lain ayng diakibatkan oleh lemak yang berlebi.

2. Meningkatkan Fleksibilitas Dan Reflesk Otot


Pada gerakan body combat ini ada salah satu elemen yang diambil dari seni bila diri. Eleman itu adalah fleksibiltas otot dan penguatan mental. Dengan melakukan gerakan yang tangkah, lincah serta variasi yang banyak, maka tubuh seseorang secara otomatis akan mempunyai tingkat kelenturan yang lebih baik. Selain itu jika dilakukan dengan rutin dan benar, maka olahraga bodycombat mampu memperbaiki postur dan tulang yang bermasalah.

Selain itu juga mampu meningkatkan reflek fisik serta mental, sehingga tubuh mudah terhindar dari hal-hal berbahaya yang dapat menimbulkan luka ataupun cidera. Serta dapat menghindarkan badan dari berbagai jenis penyakit otot da tulang yang berbahaya.

3. Membentuk Otot Tubuh


Beberapa orang berpendapat, bahwa tubuh sehat itu ditentukan oleh berat badan yang ideal dan tubuh yang kekar / berotot. Sehingga jangan heran jika ada orang yang berusaha menurunkan berat badannya, mereka melakukan latihan pembentukan otot. Karena jika Anda melakukan olahraga yang diadaptasi dari gerakan martial arts ini, secara tidak langsung akan membentuk otot tubuh menjadi kencang.

Body combar ini sangat berbeda dengan olahraga lain, dimana hanya mampu membentuk otot bagian atas atau bawah saja. Dengan latihan bodycombat ini Anda dapat memaksimalkan pembentukan otot pada setiap bagian tubuh. Itu semua dikarena ada gerakan tinju, tendangan serta gerakan bertahan ketika latihan. Disaat semua gerakan tersebut digabungkan dan dijadikan sebagai latihan rutin, maka setiap otot tubuh yang terlibat akan terbentuk dengan sendirinya.

Inilah alasan mengapat bodycombat sering dijadikan alternatif olahraga bagi mereka yang ingin memiliki tubuh toned, tetapi susah untuk pergi ke tempat fitnes /  gym atau tidak mempunyai alat-alat fitnes guna membantu latihan rutinnya.

4. Meminimalisir Risiko Stres


Selain kesehatan fisik yang menjadi tujuan olahraga, masih ada satu lagi yaitu kesehatan mental. Karena terkadang penyakit tubuh itu tidak selalu berasal dari bakteri/virus tetapi juga dari kondisi psikologi Anda. Sehingga ada sebagian orang melakukan olahraga sebagai sarana untuk melepaskan tekanan batin serta meminimalisasi resiko depresi.

Dan menurunkan risiko stres dan gangguan psikologi adalah salah satu manfaat dari olahraga bocy combat yang keren ini. Dari gerakan yahng bervariasi serta iringan msuik up beat mampu membuat Anda merasa nyaman dan melupakan sejenak masalah yang sedang dihadapi.

5. Tidak Menimbulkan Cedera Tubuh


Gerakan olahraga yang intens dengan rutinitas yang memerlukan pergerakan dari semua anggota badan, seringkali akan membuat Anda rentan mengalami cedera. Apalagi jika Anda merupakan seorang pemula yang belum pernah melakukan olahraga, sehingga otot-otot yang dimiliki kurang fleksibel.

Dan ini berbeda sekali dengan jenis olahraga kardio lainnya, dimana olahraga body combat ini menawarkan bentuk latihan yang sama beratnya namun pada setiap gerakan yang dilakukan cenderung minim cedera.

Selain itu ketika melakukan gerakan bodycombat ini stamina akan selalu terjaga, karena pada setiap gerakan yang dilakukan dalam interval waktu dan dengan kecepatan tertentu, sehingga Anda dapat memaksimalkan kapasitas jantung dan paru-paru.

Dengan begitu olahraga ini dapat menguatkan jantung dan terhidar dari risiko sakit cardiac arrest (serangan jantung mendadak).

Contoh Video Gerakan Body Combat Fitness



Nah itulah manfaat latihan body combat untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan semua manfaat di atas, Anda hanya perlu sebuah komitmen serta motivasi yang besar supaya mendapatkan manfaat dan dapat melakukan gerakan-gerakan beladiri tanpa beban.
LihatTutupKomentar