5 Manfaat Latihan Olahraga Body Pump untuk Wanita

Body pump class gym adalah salah satu kelas dalam gym center dimana melakukan olahraga dengan memaksimalkan manfaat musik. Sebagai contoh senam dan aerobik. Kelas body pump ini telah mempunyai banyak penggemarnya, dikarenakan dapat membuat seseorang wanita/pria merasakan rileks dan tenang.

Dan body pump pun menjelma menjadi salah satu jenis olahraga yang begitu populer di dunia gym. Itu semua dikarenakan banyaknya manfaat body pump.

Kelas body pump ini sangat cocok dijadikan pilihan olahraga untuk wanita. Sesuai dengan namanya, latihan ini bermanfaat untuk memommpa tubuh Anda, supaya otot berkerja. Alhasil tubuh menjadi lebih kencang dan tidak kendor. Selain itu dengan menggabungkan latihan kardio dan angkat beban yang diiringi dengan alunan musik, akan menciptkan suasana semangat berlatih.

Adapun body pump gym atau body pump weight merupakan jenis olahraga yang menggunakan alat berat diiringi alunan musik. Bpdy pump gym sendiri merupakan hasil kommbinasi antara olahraga aerobik dengan barbell. Dan gerakan dari body pupm ini sangat efektif untuk membakar 1000 kalori setiap sesi latihan. Dan irama musik juga dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa letih dan membantu Anda dalam mengikuti gerakan instruktur senam.

Manfaat Latihan Olahraga Body Pump untuk Wanita

Untuk durasi latihan olahraga body pump ini juga tidak terlalu lama, cukup 1-2 jam persesi latihan, sudah termasuk pemanasan, gerakan inti latihan dan juga pembentukan otot.


Ada dua jenis olahraga body pump, yaitu kelas body pump dengan memakai beban pemberat seperti barball dan dumbell. Untuk beban beratnya (barbell/dumbell) setiap orang berbeda-beda.

Namun ada anjuran untuk wanita pemula, mulailah dengan beban 1-5 kg dahulu. Sehingga dengan seiring waktu latihan, maka beban beratnya bisa ditambah, supaya manfaat body pump lebih optimal.

Manfaat Olahraga Body Pump Bagi Tubuh Wanita


  1. Dapat memperkuat perkembangan otot lengan, pundak , dada, dan perut. Sehingga tubuh wanita terlihat semakin kencang dan berisi.
  2. Membuat badan terlihat menarik / seksi.
  3. Dapat untuk memperbesar buah dada.
  4. Dapat membakar lemak di bagian perut.
  5. Dapat membuat perut menjadi rata dan tidak buncit.


Sebenarnya, olahraga body pump ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Namun bagi Anda yang merupakan pemula dan ingin mendapatkan hasil maksimal, usahakanlah untuk mengikuti latihan body pump di lokasi gym, supaya mengetahui gerakan – gerakan dasar dari olahraga ini.

Lakukan olahraga ini sekiranya mesti dilakukan 2 – 3 kali dalam seminggu, jangan terlalu sering sebab jika olahraga ini dilakukan sebagai olahraga berkala., maka akan timbul resiko cedera otot bila tidak diistirahatkan.

Keunggulan lainnya dari latihan ini ialah menggunakan beban dengan massa yang kecil dengan repetisi yang tinggi sehingga menciptakan otot lebih padat. Banyak perempuan yang tidak hendak mendapatkan tubuh dengan otot menonjol saat datang ke pusat kebugaran. Namun, dengan latihan ini mereka nantinya bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan otot padat tanpa kesan tubuh menjadi besar.

Anda akan segera merasakan dampak dari otot paha bekerja. Lama kelamaan, badan bakal terasa panas, walaupun ruangan latihan gym pada lazimnya terasa dingin. Pada momen seperti inilah, otot tubuh mulai berkontraksi. Jika Anda belum merasa keringat mengucur, tidak perlu cemas akan kalori yang belum terbakar. Inilah teknik olahraga yang ditawarkan oleh latihan Body Pump.

Nah itulah penjelasan mengenai manfaat latihan body pump untuk wanita. Jika masih ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.

LihatTutupKomentar