Manfaat Putih Telur Untuk Fitnes

Bagi seorang yang sering melakukan fitnes pasti tidak asing dengan makan telur. Karena dengan rutin makan telur katanya dapat membantu membentuk otot tubuh. Sehingga tidak jarang banyak olahragawan yang menjadikan putih telur sebagai makanan pokok sehari-hari. Nah apakah benar putih telur bermanfaat untuk fitnes? Dan jika benar, lalu berapa banyak telur yang harus dikomsumsi supaya mendapatkan otot tubuh yang bagus?

keuntungan mengkomsumsi putih telur untuk membesarkan otot

Benarkan makan putih telur bermanfaat untuk membesarkan otot?


Perlu Anda ketahui bahwa telur merupakan salah satu sumber porotein yang katanya dapat membuat otot terbentuk lebih baik. Tetapi tidak semua bagian telur Anda konsumsi, hanya putih telur saja yang dapat membesarkan / membantu membentuk otot tubuh Anda.

Meski sama dengan sumber protein lainnya, yaitu daging, ayam, serta ikan. Telur mendapat nilai lebih, dikarenakan lebih mudah didapat, lebih murah dari sumber protein lainnya.

Selain itu jika ditinjau dari gizinya, putih telur mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dengan kadar lemak yang lebih rendah. Dan ini yang membedakan dengan sumber protein lain, dimana mengandung lemak yang banyak meski kandungan proteinnya juga tinggi.

Sebagai contoh, pada 100 gram putih telur terdapat 92% total kalorinya berasal dari protein, sementara kadar lemaknya hanya 30% saja.

Lain hal nya jika Anda mengkonsumsi daging sapi seberat 100 gram, kandungan proteinnya hanya sebesar 38% dari total kalori dan jumlah lemaknya lebih banyak yaitu 62%.

Sehingga jika dibandingan putih telur dengan daging sapi, maka putih telur lebih baik kandungan proteinnya daripada daging sapi. Serta harganyapun lebih murah telur.

Ada sebuah pertanyaa!

Sehari Boleh Makan Telur Berapa Kali? Ini Batas Amannya


Telur memang sumber protein yang baik dalam tubuh. Namun hingga saat ini belum ada takaran atau penelitian tentang berapa kali kita harus mengkonsumsi telur dalam sehari.

Yang ada hanya sebuah anjuran saja, seberapa banyak kolestrol yang boleh Anda konsumsi dalam satu hari, yaitu:

Jika Anda sehat dan tak memiliki riwayat penyakit apapun, maka kadar kolesterol yang boleh dikonsumsi dalam sehari tidak lebih dari 300 mg.
Bila Anda mengalami diabetes, penyakit jantung, atau punya kadar kolesterol tinggi, maka Anda hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi kolesterol tak lebih dari 200 mg hari.

Selain itu, Anda juga harus mengurangi mengkonsumsi kuning telur dan perbanyak makan bagian putih telur saja. Ini dikarenakan pada bagian kuning telur terdapat kandungan kolestrol yang banyak.


Lalu, harus seberapa sering makan telur dalam sehari agar otot terbentuk?


Jika dilihat rata-rata kebutuhan protein dalam sehari untuk orang normal adalah berada pada kisaran 0,8 gr/kg berat badan per hari. Tetapi ini akan berbeda jika Anda sedang menjalani program latihan membentuk otot. Asupan protein yang dibutuhkan akan menjadi lebih banyak, apalagi jika ditambah dengan aktivitas fisik yang berat.

Sebenarnya, tidak ada patokan khusus seberapa banyak protein yang dibutuhkan untuk membentuk otot. Namun beberapa penelitian menyatakan kalau makan protein sebanyak 20-30 gram per hari, dapat membantu pria yang sedang dalam program membesarkan otot.

Apakah tidak apa makan telur setiap hari?
Tentu, cukup aman jika Anda mengonsumsi telur setiap hari tapi hanya bagian putihnya saja. pasalnya, putih telur mengandung lemak dan kolesterol yang lebih rendah ketimbang kuning telur.. Jadi, kurang baik kalau makan telur putih dan kuningnya sekaligus terlalu sering. Bahkan Anda hanya boleh mengonsumsinya sekitar 3 butir kuning telur dalam seminggu, kalau ingin kadar kolesterol tetap stabil.

Meski sudah makan telur yang banyak, Anda juga harus melakukan olahraga yang keras dan menjaga pola makan agar program Anda cepat tercapai. Pasalnya, konsumsi protein yang tinggi tanpa diiringi olahraga yang rutin dan keras, tidak akan menimbulkan hasil apapun. Malah, hanya akan membuat timbang berat badan Anda semakin naik saja.

Nah itu penjelasan mengenai manfaat putih telur untuk fitnes.
LihatTutupKomentar