Penting !! Porsi Latihan Fitnes Untuk Pemula

Menjadi seorang pemula yang baru di dunia fitnes, Anda jangan merasa minder. Anda harus tahu bahwa para gym -rat pun dulu mengawalinya juga dari seorang pemula. Kadang ada juga yang malah lebih pemula dan belum tahu apa-apa dari Anda.

Dari pemula tersebut Anda wajib mempelajari dasar-dasar program latihan kebugaran yang benar serta membiasakan diri untuk intensitas latihan terus bertambah, seiring badan semakin terlatih.

Pada buku The Fat Free Truth, Liz Neporent mengatakan bahwa penting untuk seorang pemula membangun kebiasaan berolahraga. Lakukanlah olah tubuh setiap hari sekecil apa pun itu, yang terpenting adalah konsisten. Supaya Anda dapat merasakan hasil yang maksimal, namun jangan melakukan latihan terlalu keras.

Begitu juga dengan anjuran dari dr. Michael Triangto, Sp.Ko dari Slim and Health Sport Therapy, Mall Taman Anggrek, Jakarta, hendaklah kita melakukan latihan jenis kardio selama 30 menit tiap hari dan latihan beban sebanyak 2-3 kali dalam seminggu selama 3 bulan.

porsi latihan fitnes

Cobalah lakukan program fitnes tesebut, sehingga Anda akan merasakan latihan tersebut menjadi terasa ringan. Supaya latihan menjadi menyenangkan dan tidak terganggung, Anda harus mempunyai jadwal fitnes yang telah disesuaikan dengan kegiatan harian Anda.

Lakukan urutan program latihan tersebut hingga Anda merasakan latihan tersebut sudah terasa ringan.

“Olahraga apa pun harus tetap ada istirahatnya. Saya menyarankan bagi pemula agar porsi latihan seminggu dibagi menjadi dua hari latihan, lalu sehari istirahat,” jelasnya.

Dokter Michael juga menambahkan bahwa pemula harus melakukan pemanasan terlebih dahulu selama sekitar sepuluh menit, jalan di treadmill atau bersepeda, agar peredaran darah lancar. Setelah itu, lakukan strecthing.

“Jika Anda melakukan strecthing dalam kondisi darah dingin atau sebelum pemanasan, dapat berisiko cedera,” imbuhnya.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai pola latihan fitnes bagi pemula. Semoga bermanfaat buat Anda.

http://www.fitnessformen.co.id/article/8/2017/4546-Wajib-Tahu-Porsi-Latihan-untuk-Pemula
LihatTutupKomentar