-->

4 Program Latihan Fitnes Untuk Badan Kurus

Ada 4 jenis latihan untuk orang kurus yang ingin berotot dan kekar dan berat badan kencang - Mempunyai tubuh yang kekar berotot merupakan impian banyak lelaki, bahkan untuk pria yang mempunyai badan yang kurus. Untuk mendapatkan badan yang kencang dan berotot, tidak hanya dengan menjaga pola makan yang sehat dan terratur. Namun Anda juga membutuhkan aktivitas olahraga rutin, untuk memperoleh bentuk tubuh yang lebih atletis dan indah.

Dan pada kesempatan kali ini wiwa10 akan menjelaskan dan memberikan contoh jenis latihan terbaik bagi Anda berbadan kurus yang ingin berotot dan bertubuh atletis. Sehingga artikel ini bermanfaat buat orang kurus yang ingin memiliki badan berotot.

Program Latihan Fitness Untuk Badan Kurus (Ectomorph)


1. Push Up


4 Program Latihan Fitnes Untuk Badan Kurus

Pada gerakan push up ini menjadi salah satu gerakan paling efektif yang bisa dilakukan untuk membentuk dan memperkuat otot dada, lengan dan bahu.

Anda bisa melakukan gerakan pus up secara berulang sebanyak 5 set ( 1 set terdiri dari 10 - 20 kali push up). Anda bisa mulai latihan dari jumlah yang kecil dulu ke jumlah yang besar. Dan tingkatkan intensitas serta modifikasi gerakan push up setiap minggunya dengan menyesuaikan kemampuan Anda.

2. Deadlift


4 Program Latihan Fitnes Untuk Badan Kurus

Pada fitnes ada gerakan yang bernama deadlift. Deadlift merupakan bentuk latihan yang melibatkan otot punggung, otot pinggul, dan kaki. Latihan deadlift ni adalah satu dari sekian banyak bentuk latihan fitnes yang menargetkan otot tubuh bagia atas dan bawah.

Untuk melakukan gerakan deadlift, Anda wajib melakukan dengan posisi yang baik, karena untuk mengurangi resiko cidera pada punggung.

Anda juga harus tahu, bahawa kunci utama dari gerakan deadlift adalah menjaga punggung tetap lurus. Dan bagi Anda yang berbadan kurus, Anda wajib memulai dengan beban yang paling ringan dahulu, baru seiring waktu maka tambahlah beban sedikit demi sedikit.

Cara melakukan deadlift yang benar


  • Pertama-tama bukalah kedua kaki selebar pinggul dan berdirilah dengan posisi bahu berada di depan alat.
  • Lurus kedua lengan ke bawah dan berada di luar lutut.
  • Selanjutnya, tekuk kedua lutut sampai tulang kering menyentuh palang beban.
  • Lalu mulailah angkat beban dengan mendorong tumit Anda dari lantai dan posisi badan tidak terlalu  condong ke depan ataupun ke belakang.
  • Jagalah beban supaya tetap dekat dengan tubuh, terus angkatlah beban hingga ke atas paha.
  • Selanjutnya dorong pinggul ke belakang, kemudian tekuk lutut Anda ketika beban mencapai ketinggian lutut. Lalu jatuhkan beban ke lantai


3. Bench Press


4 Program Latihan Fitnes Untuk Badan Kurus

Bench press adalah latihan fitness yang bagus bagi siapa saja yang ingin membentuk otot dan kekuatan tubuh bagian atas. Begitu juga bagi orang bertubuh kurus. Latihan bench press ini dikenal sebagai latihan gabungan karena melibatkan banyak persendian serta kelompok otot utama, yaitu punggung, dada, dan lengan.

Bahkan gerakan bench press ini melibatkan beberapa otot kaki untuk menjaga tubuh Anda terkendali selama gerakan. Perlu diingat, latihan ini sebaiknya dilakukan dengan didampingi oleh instruktur fitnes supaya lebih aman dan terhindar dari cedera.

4. Squats


4 Program Latihan Fitnes Untuk Badan Kurus

Squat digunakan utuk melatih dan membentuk hampir setiap otot di tubuh Anda. Sehingga, jangan lupakan rutinitas latihan squat jika Anda ingin memiliki tubuh berotot. Caranya melakukannya sangat mudah, pastikan posisi awal tubuh berdiri dan kaki dibuka lebar. Kemudian, kedua tangan arahkan lurus ke depan, turun secara perlahan seperti posisi jongkok setengah berdiri. Lakukan squat sebanyak 4 set (satu set 8 kali repetisi) selama 45 menit, dengan jumlah latihan tiga kali seminggu.


Kurang lebih Anda membutuhkan waktu dua bulan agar tubuh kurus bisa berubah menjadi atletis seperti hasil yang diidamkan. Tetapi, bukankah semua hal butuh pengorbanan? Oleh karena itu, wajib hilangkan rasa malas dan mulai angkat kaki untuk segera berolahraga!

Nah itulah penjelasan pola dan jenis latihan fitnes untuk orang kurus supaya badan berotot dan atletis.
LihatTutupKomentar