-->

5 Tips Membuat Jadwal Fitnes Sesuai Bentuk Tubuh Agar Ideal

Inilah pentingnya menentukan program latihan fitnes yang tepat sesuai dengan kondisi/tipe tubuh Anda. Karena, fitness bisa menaikkan berat badan Anda. Bahkan berat badan bisa naik saat berlatih program gym. Ada juga yang bilang bahwa fitnes dapat fitnes bikin badan gemuk untuk pemula.

Padahal fitnes untuk bagus untuk yang ingin diet, fitnes bagus untuk orang obesitas bahkan bagus juga untuk orang yang kurus.

Namun dengan fitnes pun ada caranya juga bagaimana membentuk otot bagi orang gemuk, supaya mendapatkan tubuh ideal. Salah satunya dengan latihan kardio setiap hari.

Dengan berlatih fitnes, juga dapat untuk memperbesar body pria dan wanita. Biasa program latihan fitnes untuk orang yang mempunyai badan kurus (ectomorph).

Nah oleh karena alasan di atas itulah, kenapa pemilihan program latihan serta jadwal fitnes tersebut begitu penting.

Selain itu Anda juga akan lebih paham tentang tipe tubuh Anda sendiri. Apakah bertipe kurus (ectomoprh), tipe badan atletis (mesomorph) atau tipe badan endomorph (bulat, gendut, besar dan berat badan mudah naik.

5 Tips Membuat Jadwal Fitnes Sesuai Bentuk Tubuh Agar Ideal

5 Tips Menentukan Program Latihan dan Jadwal Fitnes Sesuai Tipe Tubuh


1. Memilih program latihan untuk tipe badan ectomorph

Jenis tubuh ectomorph / kurus itu biasanya orangnya sulit gemuk, meski sudah/sering makan banyak. Dan biasanya orang bertipe ini, bahu dan pinggungnya kecil. Sehingga Anda harus fokus dalam latihan fitnes peningkatan berat badan. Supaya manfaat fitnes untuk orang kurus Anda rasakan dengan optimal.

Anda sangat tidak dianjurkan untuk memilih program latihan weight lossing (penurunan berat badan). Namun Anda wajib mengkonsumsi banyak makanan yang tinggi protein selama program latihan fitnes, dengan jumlah porsi yang lebih banyak serta sering.

Untuk mendapatkan badan ideal, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghindari latihan yang berlebiha serta perbanyaklah waktu istirahat untuk recovery.

Anda cukup fokus pada gerakan dasar, seperti latihan compound dan sraight set sebanyak 8-10 repetisi. Anda cukup melakukan latihan dengan durasi 1 jam perhari selama 4 hari dalam satu minggu.

Dan perlu diingat, hindarilah latihan kardio terlalu lama, karena dapat menyebabkan penyusutan otot.

2. Memilih program penurunan berat badan bagi tipe tubuh endomorht (gemuk)

Jenis tipe badan endomorph ini bertubuh besar dan berat badannya mudah naik. Sehingga jika Anda termasuk orang bertipe jenis ini, maka sebaiknya lakukanlah program fitnes diet ketat. Dengan salah satu caranya yaitu dengan mengurangi porsi makan menjadi lebih sedikit, namun sering.

Jenis latihan yang bagus untuk tipe tubuh endomorph adalah latihan kardio dengan waktu istirahat yang singkat. Ini karena sesuai dengan proses metabolisme tubuh yang lebih lambat daripada orang kurus. Sehingga latihan di atas cocok untuk tipe tubuh gemuk, bulat dan besar.

Saat proses latihan fitnes fokuslah pada gerakan denan jumlah repetisi 10-12 kali untuk bagian atas tubuh. Serta 12-20 reepetisi untuk tubuh bagian bawah.

Lakukanlah program fitnes dengan teratur dan konsisten, karena kalo sampai bolos latihan, maka badan akan mudah gemuk kembali.

3. Memilih program latihan fitnes untuk tipe tubuh mesomorph (atletis)

Tipe mesomorph, bisa dikatakan sebagai tipe tubuh yang sempurna. Karena tubuh jenis ini cocok dengan model latihan apapun.

Tubuh jenis mesomorph ini memiliki struktur tulang klavikula yang lebar serta pinggung kecil. Namun jika Anda tidak melakukan latihan dengan rutin, maka otot tubuh bisa menyusut. Anda bisa latihan dengan mengkombinasikan bentuk latihan compound dan isolasi selama 60-90 menit.

4. Bentuk latihan fitness khsusu wanita bertubuh kecil

Terdapat program khusus juga untuk kamu wanita yang ingin memperbaiki bentuk tubuh. Bagi kamu wanita bertubuh kecil atau kurus, fokuskan pelatihan pada pembentukan otot. Lakukan dengan repetisi 4-6 kali dalam sekali latihan. Pastikan juga kamu membuat jadwal rutin mingguan dengan pelatih profesional.

Untuk menghasilkan massa otot yang lebih baik, imbangi dengan pola makan sehat. Sama pada pria, untuk wanita kurus kamu juga perlu menambah porsi makan dengan frekuensi makan yang lebih sering namun tetap sehat.

5. Program latihan pembentukan lemak menjadi otot pada berbadan gemuk

Buat kamu wanita yang berbadan besar, tidak perlu melakukan angkat beban sebanyak fitness untuk pria. Cukup dengan perbanyak melakukan latihan kardio dengan kombinasi compound dan isolasi yang tidak berlebih. Lakukan 4 kali dalam seminggu. Kamu juga perlu mengontrol pola makan dengan mengurangi asupan karbohidrat. Lakukan pelatihan dengan intensitas light-moderat agar badan kamu tetap konsisten dan massa otot tidak mengalami penurunan.

Nah itulah penjelasanserta tips memilih jadwal serta program latihan fitnes sesuai dengan tipe badan Anda. Semoga dengan mengikuti kelima tips di atas, Anda dapat membentuk tubuh menjadi ideal.
LihatTutupKomentar