8 Cara Diet Menaikkan Berat Badan yang Efektif

Cara diet untuk menambah berat badan - Kebanyakan orang itu ingin mengurangi berat badannya. Tetapi kok Anda malah inign menambah / menaikkan berat badannya, supaya mempunyai berat badan yang ideal. Dan jika Anda ingin menambah berat badan, maka belajar cara diet menambah berat badan yang benar.

Menambah berat badan itu hampir sama seperti menurunkan lemak dalam tubuh. Dimana sama sama susah, tetapi pasti ada caranya.

Nah pada artikel ini, Admin akan membahas bagaimana cara diet menaikkan berat badan supaya lebih ideal.

Cara diet menaikkan berat badan ini, cocok bagi yang memiliki badan kecil dan kurus. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan kekurangan gizi/nutrisi ataupun dikarenakan adanya penyakit tertentu.

Namun tenang saja, artikel ini mengupas dengan detail cara diet sehat menambah berat badan agar badan menjadi ideal.

Cara Diet Menaikkan Berat Badan atau mengemukkan badan

Prosedur Pamungkas Cara Diet Menambah Berat Badan yang Benar dan Efektif


1. Cek terlebih dahulu kesehatan Anda


Cara terbaik dan benar supaya dapat melakukan program diet menambah berat badan adalah dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Apakah berat badan berada di bawah berat badan normal atau malah di atas berat badan normal.Dan jika hasil pemeriksaan menunjukkan berat badan berada di bawah normal, maka dibutuhkan pengangan medis.

Inilah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan berat badan tubuh susah untuk ideal yaitu:


  • Adanya penyakit hipertiroidisme atau kelenjar tiroid yang lebih aktif.
  • Terdapat jenis penyakit Celiac yang membuat tubuh tidak dapat menyerap nutrisi tertentu dari makanan.
  • Andanya jenis gangguan pada pencernaan, seperti pada penyakit Crohn atau kolitis ulseratif.
  • Mengidap penyakit kanker dan menjalani kemoterapi.
  • Adanya gangguan makan berupa anoreksia nervosa.
  • Gangguan psikologis berupa stres atau depresi yang akut.
Dan jika Anda termasuk orang yang mengidap penyakit-penyakit seperti di atas, maka Anda wajib  membutuhkan pengobatan dari dokter dan psikiater jika dibutuhkan

2. Pilihlah makanan 4 sehat 5 sempurna


Cara termudah dan benar adalah dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat dan 5 sempurna. Dimana kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat tercukupi.

3. Intensitas makan lebih sering


Jika Anda ingin diet menambah berat badan, caranya adalah dengan makan lebih sering dari biasanya. Jika Anda ingin minum, cobalah minum smoothies, yaitu minuman berbahan dasar dari buah dan kacang-kacangan dicampur dengan susu ataupun yoghurt, kemudia diblender.

4. Makanlah cemilan yang menyehatkan


Diantara jam makan berat, Anda bisa makan cemilan. Yang pasti konsumsilah camilan yang bernutrisi baik bagi tubuh. Cemilan tersebut antara lain buah kurma, jagung rebus, kacang kedelai, buah apokat dan salad sayur.

5. Jika perlu tambahkan kalori


Supaya berat badan lebih cepat bertambah, maka Anda perlu mengkonsumsi suplemen tambahan kalori. Anda bisa dapatkan dari roti, biji-bijian, telur dadar dan sup ayam.

6. Atur jadwal minum


Minum yang baik adalah sebelum makan dan 30 menit sesudah makan. Sehingga tidak akan membuat merasa kenyang, dikarenakan minum air.

7. Rutin berolahraga


Olahraga dengan rutin dapat meningkatkan berat badan, apalagi jenis olahraganya angkat beban. Latihan fitnes adalah olahraga paling efektif untuk program diet menaikkan berat badan.

8. Istirahat yang cukup


Kurangnya waktu istirahat juga dapa mengakibatkan badan susah untuk bertambah. Sehingga bautlah jadwal istirahat, supaya kebutuhan istirahat tercukupi. Dengan begitu cara diet menambah berat badan akan semakin baik.

Nah itulah penjelasan mengenai cara diet menambah berat badan ideal yang bisa dicoba. Semoga berhasil.
LihatTutupKomentar