Pengertian, Tujuan dan Manfaat Teknologi dalam Pendidikan

Teknologi Pendidikan adalah sebuah kajian serta praktik untuk membantu proses KBM serta meningkatkan kinerja dengan membuat, menggunakan dan mengelola proses serta sumber teknologi yang memadai.

Pada arti sempit teknologi pendidikan yaitu sebuah media pendidikan atau pembelajaran, dimana teknologi dimanfaatkan sebagai alat bantu dalam dunia pendidikan agar lebih efektif, efisien dan berhasil guna.

Dengan menerapkan teknologi pendidikan dibutuhkan cara yang sistematis dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi seluruh proses kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan yang lebih spesifik, berdasarkan penelitian terhadap pembelajaran dan komunikasi antar manusia, dan mendayagunakan kombinasi sumber daya manusia dan non-manusia supaya menghasilkan kinerja yang lebih efektif.

manfaat teknologi pendidikan

Selain pengertian teknologi pendidikan di atas, Admin juga sedikit mengutip pengertian dari beberapa ahli yang memberikan pendapatnya tentang pengertian atau definisi teknologi pendidikan. Berikut beberapa perkataan menurut para ahli.

(AECT) Association for Educational Communication and Technology

Teknologi pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu denga melibatkan peralatan, ide, prosedur, orang dan organisasi untuk menganalisis permasalahan, menemukan problem solving, melakukan evaluasi serta mengelola pemecahan masalah yang berkaitan dengan semua aspek belajar manusia.

Tom Cutchall (1999)

Definisi menurut Cutchal ini sama seperti definisi AECT 1994. Dia menekankan bahwa teknologi pembelajaran merupakan penelitian dan aplikasi ilmu prilaku dan teori belajar dengan menggunakan pendekatan sistem untuk melakukan analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi dan pengelolaan penggunaan teknologi untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja. Tujuan utamanya adalah pemanfaatan teknologi (soft-technology maupun hard-technology) untuk membantu memecahkan masalah belajar dan kinerja manusia.

Dari banyaknya perngertian di atas dan belum lagi di masukkan pengertian dari buku atau dari referensi yang lain. Manakah pengertian teknologi pendidikan yang terbaik? Pertanyaan yang susah untuk di jawab. Tapi yang terpenting semua pendapat tentang teknologi pendidikan bisa di jadikan referensi dalam belajar. Dan yang terpenting lagi, bagaimana di semua pendidikan Indonesia sudah memadukan teknologi dalam proses pembelajaran, sehingga jangan ada lagi terdengar guru yang gagap teknologi.

Tujuan Teknologi Pendidikan


Setelah tadi membahas pengertian tentang teknologi pendidikan, maka sekarang saatnya kita bahas mengenai tujuan teknologi pendidikan itu sendiri.

Andai kita menelusurinya secara dalam, maka bisa disimpulkan bahwa tujuan teknologi pendidikan secara umum yaitu untuk memecahkan masalah proses belajar dan pembelajaran dan untuk meningkatkan kinerja pembelajaran yang lebih baik dan efektif.

Tujuan Pokok Teknologi Pendidikan


1. Untuk Memecahkan Masalah Belajar


Selama ini belajar merupakan sebuah masalah bagi guru dan siswa. Dimana banyak murid yang sudah konsentrasi ketika belajar, alhasil ilmu yang telah disampikan oleh bapak ibu guru tidak dapat dicerna dengan baik oleh siswa. Belum lagi jika situasi kelas yang tidak kondusif.

Di sisi lain, ada juga guru yang mengalami kesulitan dalam mengajar. Sehingga ilmu pengetahuan yang ditransfer ke murid tidak tersampaikan dengan baik.

Nah dari contoh problem di atas, maka diharapkan dengan adanya perkembangan teknologi pendidikan ini, mampu menjawab pemasalahan atau tantangan yang dihadapi oleh para guru (pendidik).

2. Untuk Meningkatkan Kinerja Pembelajaran


Ketika sang guru mengajar masih menggunakan kapur, maka pemahaman siswa dirasa kurang, jika dibandingkan dengan guru menerangkan menggunakan bantuan LCD Proyektor.

Dengan LCD Proyektor maka kegiatan belajar akan lebih efektif, serta banyak pesan akan teserab. Itu karena teknologi LCD Proyektor sebagai multimedia dan visual yang mampu membantun menjelaskan ilmu pengetahun ke siswa, sehingga lebih mudah dicerna, daripada hanya menerangkan dengan kapur.

Sebagai contoh: Guru mengajar tentang proses terjadinya hujan, maka dengan di perlihatkan video proses terjadinya hujan, murid akan cepat nangkap ilmu pengetahuan tersebut.

Hal tersebut yang bisa dijadikan sebagai maksud tujuan teknologi pendidikan sebagai meningkatkan kinerja pembelajaran. Dan mungkin dalam aspek lain masih banyak lagi.

Manfaat Teknologi Pendidikan


Pendidikan di Indonesia memasuki tahapan yang sistematis dan lebih efisien dalam perkembangannya, Globalisasi dunia telah memicu pergeseran dalam berbagai elemen di dunia, tak terkecuali dunia pendidikan, dalam dunia pendidikan terdahulu tatap muka secara konvensional sudah menjadi kebiasaan yang masih sulit dihilangkan, pemanfaatan teknologi informasi (IT) masih belum memenuhi kriterianya dalam penerapan Manfaat Teknologi dalam dunia Pendidikan. Contoh konkrit yang terjadi di Negara Perancis proyek “Flexible Learning”.

Hal ini mengingatkan kita kembali pada ramalan “Ivan Illich” pada awal tahun 70-an yang membahas tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Society)” yang kemungkinan secara ekstrimnya guru kemungkinan tidak lagi diperlukan. Bishop G. (1989) juga meramalkan bahwa pendidikan pada masa mendatang akan lebih bersifat luwes (flexible).
LihatTutupKomentar