6 Manfaat Bodyweight Training

Selain latihan angkat beban (weight lifting), latihan beban ternya juga bisa dilakukan dengan metode latihan bodyweight training. Apa itu bodyweight training dan apa manfaat gerakan bodyweight training?

Secara mudahnya latihan bodyweight yaitu bentuk latihan beban dengan memanfaatkan berat badan kita sebagai beban latihan.

Adapun kelebihan / keuntungan bodyweight training yaitu, latihan ini tidak memerlukan perlatan khusus, seperti alat fitnes pada umumnya.

Sehingga Anda hanya perlu berlatih dengan gerakan yang memanfaatkan berat tubuh Anda menjadi beban latihan Anda. Dan tentunya jika latihan gerakan bodyweight ini dilakukan secara serius, maka akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Apa saja sih manfaat latihan bodyweight training?

Nah berikut manfaat yang diperoleh jika melakukan bodyweight training secara rutin.

6 Manfaat Bodyweight Training

Manfaat Bodyweight Training


1. Tubuh lebih Kencang dan Ideal 

Tahukah Anda bahwa tubuh membutuhkan latihan beban untuk dapat terlihat ramping dan kencang? dengan latihan bodyweight training dapat memberikan hasil yang signifikan dalam meningkatkan pembakaran kalori dan pembentukan otot untuk tubuh lebih kencang dan ideal.

2. Mengendalikan Nafsu Makan 

Bodyweight training juga efektif dalam membantu mengendalikan nafsu makan. Melakukan latihan bodyweight kurang lebih 20 menit, dapat memberikan sinyal pada otak untuk mengeluarkan endorfin, hormon yang tak hanya dikenal sebagai pereda stres tetapi juga berperan dalam mengendalikan nafsu makan. Nafsu makan tak terkendali merupakan salah satu masalah besar bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang 

Penelitian membuktikan bahwa dengan rajin melakukan latihan beban, kepadatan tulang akan tetap terjaga dengan baik. Hal ini juga berlaku jika Anda rajin melakukan bodyweight training. Menurunnya tingkat kepadatan tulang merupakan penyebab utama terjadinya osteoporosis.

4. Melatih Lebih banyak Otot 

Bodyweight training tak hanya efektif dalam menjaga kepadatan tulang. Lebih dari itu, latihan ini juga baik untuk melatih lebih banyak otot dalam satu gerakan. Misalnya cukup dengan melakukan push up, Anda sudah melatih banyak otot seperti otot tricep, dada, punggung, dan perut.

5. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan 

Seperti halnya latihan beban yang lain, bodyweight training juga memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan hormon pertumbuhan dalam tubuh. Saat berlatih beban, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan dan testosteron. Dengan meningkatnya kadar testosteron dalam tubuh, berarti meningkat pula perkembangan otot dan daya tahan tubuh Anda setelah latihan.

6. Meningkatkan kinerja Sistem Hormon Tubuh 

Endokrin merupakan kelenjar penghasil hormon yang terdapat dalam tubuh kita. Jika tidak berfungsi dengan baik, endokrin tidak dapat memproduksi hormon yang dibutuhkan otot untuk tumbuh dan berkembang setelah latihan.Tak hanya berperan dalam meningkatkan massa otot, bodyweight training juga menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru Anda. Bahkan, baru-baru ini penelitian menyebutkan jika latihan beban termasuk bodyweight training, memiliki efek positif pada perkembangan otak dan kemampuan kognitif pada manusia.

Nah, tunggu apa lagi? Ayo berlatih bodyweight training! Semoga bermanfaat buat Anda.
LihatTutupKomentar