-->

Manfaat Latihan Pull Up

Salah satu jenis gerakan latihan olahraga yang mudah dan dilakukan oleh banyak orang adalah push up. Latihan pull up bermanfaat untuk membentuk otot bagian atas lebih cepat. Sebagai contoh bagian tubuh yang dilatih saat melakukan pull up adalah kedua lengan tangan, menjadi lebih kuat dan kekar.

Gerakan latihan pull up ini banyak dipilih oleh kaun adam, karena manfaat bagi tubuh sangat terlihat.

Pengertian pull up sendiri ialah salah satu olahraga calisthenic, yaitu olahraga yang menggunakan berat badan sendiri sebagai beban latihan.

Dengan begitu Anda hanya cukup membutuhkan alat pull up (bar upper body) untuk melakukan olahraga ini. Namun jika di rumah tidak ada bar, Anda masih bisa memanfaatkan ventilasi pintu untuk latihan. Sehingga Anda tetap akan mendapatkan manfaat latihan pull up.

Tujuan dan fungsi olahraga pull up

Lalu apa sih manfaat latihan pull up untuk tubuh kita?

Nah jawabannya akan admin jelaskan tentang manfaat latihan pull up di bawah ini.

Manfaat atau kegunaan dan keuntungan latihan Pull Up


1. Membentuk Upper Body Lebih Keren

Fungsi atau manfaat pull up yang pertama ialah sanggup membentuk upper body atau tubuh bagian atas menjadi lebih keren. Dengan melakukan gerakan pull up secaar rutin, akan melatih otot-otot punggung, trapezius (pundak), shoulder (bahu), biceps serta otot sayap. Oleh karena itu coba lakukan latiha pull up dengan rutin, maka tubuh bagian atas akan mudan terbentuk.

2. Menambah Tinggi Badan

Manfaat pull pu yang kedua ialah bisa membantu menaikkan tinggi badan. Dan ini merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk membantu peregangan otot tubuh, sehingga mampu untuk menambah tinggi badan.

3. Menambah Kekuatan Genggaman Kedua Tangan

Selain dapat membentuk tubuh bagian atas menjadi lebih kuat. Tanpa Anda sadari latihan pull up juga akan meningkatkan kekuatan genggaman tangan Anda.

Ini bisa terjadi karena jari-jari tangan Anda berfungsi untuk menahan berat badan Anda supaya tidak jatuh. Dengan begitu secara otomatis genggaman tangan Anda menjadi lebih kuat.

4. Membuat Otot Lebih Awet

Pull up juga sama seperti push up, dimana jika dilakukan dengan rutin, akan membuat otot menjadi lebih awet.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan melakukan gerakan latihan pull up secara rutin, maka Anda dapat meningkatkan detak jantnung dikarenakan tubuh lebih aktif bergerak.

Hal itulah yang membuat meningkatnya kesehatan tubuh. Kita tahu sendiri, jiak tubuh kurang bergerak, maka detak jantung menjadi menurun. Sehingga membuat detak jantung menjadi rendah dan memberikan dampak efek kurang baik bagi kesehatan Anda.

6. Menghilangkan Lemak Tubuh

Melakukan latihan pull up secara teratur dapat mempengaruhi berkurangnya lemak dalam tubuh. Itu dikarenakan ketika Anda melakukan pull up, maka tubuh akan membakar lebih banyak kalori.

Dengan begitu latihan pull up bisa dijadikan menu latihan pada program penurunan berat badan.

7. Menambah Keseimbangan Tubuh

Gerakan pull up ternyata mampu meningkatkan keseimbangan tubuh. Porses keseimbangan tubuh ini terjadi ketika menggantung di bar (alat pull up). So, lakukan laithan pull ini secara rutin, supaya Anda memiliki keseimbangan tubuh yang bagus.

Contoh Gerakan Pull Up yang Efektif


Sumber: Youtube

Nah itulah manfaat dari latihan pull up yang bisa Admin jelaskan. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar