9 Tips Memilih Tempat Fitnes Supya Tidak Menyesal Di Belakang

Jika tekad Anda sudah bulat untuk memulai latihan menjaga kebugaran tubuh secara rutin dengan bergabung dengan club fitness, Admin ucapkan selamat. Dengan begitu Anda akan memiliki rutinitas yang baru dan positif.

Namun apakah Anda mengerti bahwa olahrga fitnes ini bisa dibilang gampang-gampang susah, dikarenakan banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan, salah satunya adalah memilih tempat fitnes/gym/kebugaran yang tepat dari sekian banyak pilihan. Pemilihan tempat gym center ini menurut Admin termasuk sangat penting, karena akan mempengaruhi semangat berlatih dan tidak menyesal dikemudian hari.

Oleh karena hal tersebut ada beberapa tips penting yang bisa Anda perhatikan sebelum memilih tempat fitness, dan bisa djadikan pertimbangan.

tips memilih dan memastikan tempat fitnes yang cocok | wiwa10

Tips Jitu Memilih Tempat Fitness yang Cocok


1. Lokasi dan jarak

Lokasi atau tempat nge-gym dapat menentukan keberhasilan untuk mencapai tujuan Anda melakukan fitnes. Sehingga Anda harus bisa menentukan apakah akan mendaftar menjadi member tempat fitnes yang jauh atau dekat dari rumah.

Tipsnya adalah Anda harus melihat atau menyesuaikan dengan rutinitas harianmu.

Apakah Anda lebih suka melakukan fitness disela-sela aktivitas weekday atau justru pada hari weekend dimana akan lebih santai.

Jadi jika Anda lebih suka berolahraga sebelum atau sepulang kerja, maka pilih tempat fitnes yang dekat dengan kantor/tempat kerja Anda.

Namun jika Anda memilih melakukan olahraga di akhir pekan atau pada saat liburan, maka pilihlah gym center yang dekat dengan rumah Anda.

Karena jika Anda memilih tempat fitness yang jauh, maka Anda akan lebih banyak alasan untuk tidak datang sesuai jadwal latihan fitnes Anda.

Sehingga kesimpulannya adalah pilihlah tempat fitnes yang dekat itu lebih baik. Selain itu juga akan  menghemat waktu, tenaga dan biaya bahan bakar kendarran yang digunakan selama perjalanan ke tempat latihan fitnes.

2. Biaya

Selain pemilihan tempat fitnes, ada satu hal kruasi dan paling penting yaitu biaya. Jangan sampai karna niat berolahraga di tempat fitnes, malah akan membuat kantong kering dikarenakan budget yang pas-pasan. Karena itu silahkan sesuaikan dengan budget yang ada.

Lalu bagaimana tips memilih tempat fitnes yang sesuai dengan budget Anda?

Tips adalah dengan mencoba terlebih dahulu mengikuti free trial yang biasanya ditawarkan pada tempat fitnes tersebut. Atau Anda bisa menanyakan dengan jelas tentang paket yang ada apakah cocok dengan kisaran budget yang ada. Bisa juga Anda mencari tahu promo atau diskon yang ditawrkan di tempat fitnes.

Hal tersebut dilakukan supaya keuangan Anda tetap stabil, meski pengeluaran menjadi bertambah.

3. Pilihan kelas dan program fitnes

Jika Anda seorang yang mudah bosan dan menyukai hal baru, maka cobalah untuk memilih tempat fitness yang memiliki banyak kelas dan program gym.

Dengan banyaknya pilihan kelas fitnes, maka Anda memiliki banyak pilihan jenis latihan fitnes yang paling cocok untuk Anda. Sehingga Anda akan mendapatkan jennis olahraga yang tepat dan sesuai dengan keinginan Anda.

4. Jasa personal trainier

Pikirkan juga, apakah Anda akan melakukan olahraga fitnes secara sendiri atau membutuhkan seorang pelatih fitnes (personal trainer fitnes/pelatih pribadi).

Jika Anda membutuhkan seorang personal trainer (pelatih pribadi), maka wajib piliih pelatih fitnes yang benar-bernar profesional dan telah bersertifikat. serta memiliki track record yang baik.

5. Fasilitas yang ada

Ketika pertama kali datang ke tempat fitnes untuk free trial, cobalah sambil berkeliling tempat gym center. Perhatikan semua fasilitas dan perlatan yang tersedia.

Apakah peralatannya masih layak digunakan dan rutin dirawat (dibersihkan) atau tidak.

Karena peralatan yang jarang dirawat akan bisa menimbulkan risiko kecelakaan ketika sedang digunakan.

Perharikan juga jarak antar peralatan fitnes, apakah berdekatan. Sehingga Anda bisa memastikan ketika sedang berolahraga (menggunakan alat fitnes) tidak akan terganggu dan mengganggu orang lain dikarenakan jarak alat dan luas ruangan fitnes.

6. Kebersihan

Masih berkaitan dengan kelayakan tempat fitnes, cobalah perhatikan kebersihannya. Dua intikator Admin untuk kebersihan adalah ada pada bagian kamar mandi dan sudut-sudut ruangannya.

Jika kamar mandi tidak meyakinkan serta Anda melihat debu-debu disudut lantai atau perlatan yang tesedia, itu berarti tempat fitnes tesebut kurang terjamin kebersihannya.

Atau jika lebih extrim lagi, Anda bisa menanyakan langsung kepengelola, seberapa rutin tempat/peralatan fitnes dibersihkan setelah dipakai untuk latihan fitnes. Dan apakah mereka menyediakan handuk siap pakai atau tidak.

7. Profil pengunjung

Jika Anda seorang wanita pasti akan memperhatikan pengunjung tempat fitnesnya. Apakah profil pengunjung seperti apa dan apakah pengunjungnya lebih banyak laki-laki, perempuan, tua, muda dan sebagainya.

Karena bagi wanita akan lebih nyaman berolahrga di tempat fitnes yang banyak wanitanya, dibandingkan dengan tempat yang didominasi oleh pria.

8. Kapasitas pengunjung

Cari tahu juga berapa kapasitas total tempat fitnes tesebut serta sebarapa ramainya orang-orang yang datang berlatih pada jam-jam sibut. Sehingga Anda bisa memperkirakan jam berapa latihan/ membuat jadwal fitnes harus dilakukan.

9. Jam buka

Perhatikan juga jam buka tempat fitness tersebut, apakah buka 24 jam selama 7 hari. Cari tahu jam buka, jam tutup di hari biasa, akhir pekan atau pada tanggal merah.

Jangan sampai keitka niatnya ingin berlatih fitnes tetapi tempatnya tutup karena akhir pekan.

Selain itu dengan memahami jam buka tempat fitnes, maka Anda akan menjadi pertimbangan sendiri, pada jam berapa akan mulai berlatih fitnes.

Nah itulah 9 hal untuk dijadikan pertimbangan ketika akan memilih tempat fitnes bagi Anda yang baru akan memulai fitnes. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar Anda.
LihatTutupKomentar