Cara Melatih Otot Dada Tanpa Alat Fitnes Di Rumah

Bagaimana caranya melatih otot dada tanpa menggunakan alat fitnes? Caranya adalah berlatih menggunakan bodyweight training. Dimana metode latihan ini tidak memerlukan peralatan fitnes. Anda cukup bermodalkan berat badan tubuh Anda sendiri, sebagai beban latihan.

Sehingg dengan begitu Anda tetap dapat melatih dan membentuk otot dada tanpa menggunakan beban alat fitnes. Selain otot dada masih ada beberapa kelompot otot yang bisa Anda latihan menggunakan metode bodyweight training, seperti otot betis, otot lengan, otot paha dan perut.

Selain itu dengan bodyweight training Anda bisa berlatih membentuk otot dada yang baik cukup selama 4 menit setiap sesi latihan lho. Bisa dilakukan di rumah tanap alat fitnes.

Cara Melatih Otot Dada Tanpa Alat Fitnes

Cara Melatih Otot Dada Tanpa Alat Fitnes Di Rumah


Ingin membentuk dan melatih otot dada supaya lebih kekar dan berisi, Anda bisa lakukan tanpa alat fitnes. Atau Anda bisa memanfaatkan perabotan yang ada di rumah.

Untuk selengkapnya simak penjelasan mengenai latihan otot dada tanpa alat di bawah ini.

1. Push Up

Push Up sangat efektif untuk melatih otot dada, bahu dan tricep. Ada banyak variasi latihan push up yang bisa Anda lakukan, sehingga melakukan push up tidak akan membosankan. Namun jika Anda seorang pemula, alangkah baiknya dimulai dari push up yang biasa dahulu.

Cara melalukan gerakan push up:

  • Telungkuplah dengan kedua tangan menahan tubuh di atas lantai, dalam posisi lurus dengan masing-masing bahu. Luruskan punggung hingga membentuk garis yang lurus dan kukuh dari bahu menuju telapak kaki Anda.
  • Satu repetisi dalam push up mengharuskan Anda untuk menurunkan badan hingga lengan membentuk tekukan bersudut 90 derajat, kemudian meluruskannya kembali.
  • Pastikan bahwa Anda menaikkan dan menurunkan badan dalam gerakan yang lambat. Lakukan push up hingga Anda tidak sanggup lagi!
  • Jika Anda benar-benar pemula dalam melakukan latihan push up, Anda dapat memulai dengan memosisikan lutut di atas lantai, tetapi pastikan bahwa panggul dan punggung Anda tetap lurus.


2. Latihan incline push up

Gerakan incline push up hampir seperti melakukan push up biasa. Yang membedakan adalah tubuh lebih tinggi, sebagai contoh kaki berada di atas kursi/meja.

Cara inipun cocok bagi pemula yang ingin melatih otot dada tanpa alat dan beban tambahan,.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

3. Melakukan latihan dips

Latihan dip ini daapt membentuk otot dada dengan cepat di rumah tanpa efek samping. Sehingga akan menunjang penampilan pria ataupun wanita lebih mempesona.

Kenapa bisa cepat? Karena gerakan dips ini memaksa otot tangan dan dada bekerja lebih ekstra, sehingga pembentukan jaringannya pun lebih efektif.

4. Lakukan plank

Salah satu cara untuk melatih otot dada yaitu dengan melakukan plank. Dengan latihan plank, Anda tidak perlu alat fitnes untuk membentuk otot dada.

Hal itulah kenapa banyak pria/wanita lebih memilih latihan plank untuk membangun otot dada lebih menarik.

5. Shoulders taps

Gerakan shoulder taps ini mirip seperti melakukan push up biasa, hanya saja ini menggunakan satu tangan. jadi, jika tangan kiri digunakan sebagai tumpuan, maka tangan kanan memegang dada, begitupun sebaliknya.

Jika Anda sudah mahir melakukan push up dan otot tangan sudah mulai terlatih, ada baiknya Anda mencoba melakukan latihan shoulders taps ini untuk melatih otot dada Anda.

6. Lakukan pull up

Pull up merupakan cara membentuk otot dada yang banyak digemari banyak orang. Meski terdengar mudah, untuk dilakukan. Namun pull up sebenarnya memiliki tingkat kesulitan yang jauh diatas dari latihan sebelumnya. Pasalnya, saat pull up beban tubuh akan benar benar bertumpu pada otot bagian atas saja, yakni otot dada, otot lengan, otot punggung, dan otot bahu.

Cara membentuk otot dada dengan pull up:

  • Posisikan tubuh dibawah palang.
  • Genggam palang yang ada di atas tubuh anda.
  • Secara perlahan angkat tubuh anda hingga bahu sejajar dengan palang.
  • Tahan beberapa saat lalu turunkan tubuh secara perlahan.
  • Lakukan pengulangan sebanyak 3 set 20 kali secara rutin.


Nah tulah 6 cara melatih otot dada tanpa mengguanakan alat fitnes. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar