-->

Kesalahan Fatal Fitness Pemula

Jadi jika Anda sudah mendaftar ke gym center, tetapi Anda sekarang menjadi malas karena Anda tidak melihat adanya kemajuan pada hasil latihan. Mungkin itu disebabkan adanya keselahan fatal ketika melakukan fitnes. Dan biasanya seorang pemula banyak melakukan kesalahan ketika fitness.

Mari kita lihat apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh seorang gym pemula dan kesalahan yang paling umum dilakukan oleh pemula. Dan yang harus Anda lakukan adalah menghindarinya segera!


Kesalahan Fatal Fitness Pemula


Kesalahan Fatal Fitnes yang Dilakukan Oleh Pemula


Kesalahan fitness pertama

Menggunakan beban yang terlalu berat, sehingga yang mengangkat beban latihan adalah pelatih fitnes (trainernya) bukan malah Anda.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan bobot yang tidak terlalu berat atau terlalu ringan. Yang terpenting Anda bisa melakukan latihan dengan bentuk yang tepat dan benar terlebih dahulu.

Tugas seorang trainer fitnes biasanya untuk memastikan bahwa Anda tidak terjebak pada beberapa repetisi terakhir. Dan spotter/trainer fitnes hanya akan membantu jika Anda tidak dapat melakukan rep terakhir.

Kesalahan fitnes kedua

Anda terlalu banyak menggunakan ponsel di ruang gym dan Anda merasa telah menghabiskan 1 jam di gym. Padahal kenyataannya, Anda hanya menghabiskan 10 menit untuk berolahraga dan 50 menit sisanya habis untuk bermain telepon/gadget/smartphone, seperti bermain whatsapp, instagram, facebook, dan bahkan bermain game online di gym center.

Kesalahan fitnes ketiga

Anda menolak untuk kembali berlatih ke gym dikarenakan sakit otot. Padahal ini biasa terjadinya karena DOM atau nyeri otot onset yang tertunda. DOM sering terjadi pada orang yang baru mulai berolahraga/fitness. Dan sebenarnya rasa sakit tersebut akan hialgn dengan sendirinya, setelah Anda rutin berlatih otot.

Kesalahan fitness keempat

Yaitu diet yang salah, program diet Anda kurang tepat dan tidak sesuai dengan tujuan Anda melakukan fitness. Anda mungkin telah melakukan latihan fitnes secara teratur dan benar. Tetapi Anda masih tidak melihat adanya perkembangan pada tubuh, itu mungkin bisa terjadi karna Anda terlalu banyak makan donat dan teh manis. Padahal untuk proses pembentukan otot, asupan protein tinggi adalah yang paling penting.

Jadi jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, pastikan makan protein yang cukup dan kurangi konsumsi karbohidrat dan lemak jenuh, sehingga defisit kalori dapat terjadi.

Dan jika Anda ingin menambah berat badan/otot, pastikan makan protein yang cukup dan tambahkan lebih banyak konsumsi karbohidrat, sehingga kelebihan kalori bisa terjadi dalam tubuh dan tubuh akan kelihatan besar.

Kesalahan fitnes kelima

Belum akrab dan malu ketika berada di tempat gym. Ini biasanya terjadi karena Anda melihat orang lain mengangkat lebih berat dan ukurannya jauh lebih besar daripada Anda. Hal itu terjadi karena mereka telah berlatih selama bertahun-tahun, sehingga wajar jika meraka mengangkat bobot latihan lebih berat dari Anda.

Perlu Anda tahu, bahwa mereka dulunya juga memulai fitnes dari menggukan beban latihan yang ringan ke bobot yang lebih berat. Ada yang mulai dari kelebihan berat badan gendut, gembrot, bucin) dan ada juga orang yang mulai dari tubuh kurus dan mampu membangun otot atau bulk up menjadi lebih besar dan terlihat atletis.

Pada intinya adalah, Anda tidak harus membandingkan diri Anda dengan orang lain, terutama dengan mereka yang telah melakukan olahraga fitnes selama bertahun-tahun. Yang terpenting Anda harus fokus untuk meningkatkan diri sendiri. Dan jangan malu untuk bertanya kepada orang lain yang lebih berpengalaman di gym.

Kesalahan fitness keenam

Anda terlalu banyak melakukan latihan kardio dan sedikit melakukan latihan beban. Mungkin ini terlihat agak kontroversial, tetapi saya sarankan untuk melakukan lebih banyak latihan beban daripada kardio. Untuk perbandingannya yaitu 90% dari latihan beban dan 10% kardio. Selain itu pastikan Anda juga menggabungkan latihan gabungan seperti deadlift, squat dan terisolasi seperti bicep curl, tricep, dll. Serta pastikan keseluruhan kelompok otot dapat dilatih. Pastikan seluruh tubuh atau kelompok otot yang berbeda dilatih secara adil. 

Oke kesimpulannya adalah semua bentuk olahraga baik untuk kesehatan daripada tidak melakukan olahraga sama sekali. Akan tetapi jika Anda ingin melihat kemajuan dan mendapatkan tubuh yang lebih baik, maka pastikan Anda melakukan lebih banyak latihan beban daripada latihan cardio.

Nah itu saja tips melakukan fitness untuk pemula, semoga beberapa penjelasan kesalahan fatal dalam berlatih fitnes ini dapat bermanfaat buat Anda semua. ini bermanfaat buat kamu.

LihatTutupKomentar