-->

Latihan Membentuk Abs Untuk Wanita

Cara membentuk otot perut wanita di rumah - Wanita mana yang tidak menginginkan perut rata, kencang tanpa lemak dan memiliki lekukan otot perut atau biasa disebut dengan six pack abs. Karena perut sixpack abs tidak hanya dimiliki oleh pria saja, wanitapun juga dapat membentuk otot perutnya.

Anda bisa melihat Cinta Laura atau Jennisfer Lopez, mereka terkenal mempunyai perut rata (sixpack), tentu saja dengan usaha kerasnya dalam berlatih. Dimana latihan yang mereka berdua lakukan yaitu untuk mempertahankan bentuk perut rata dan kencang tersebut membutuhkan kedisiplinan dan keuletan yang tinggi. Tidak hanya melakukan dengan satu bentuk latihan, tapi ada beberapa bentuk latihan yang dilakukan supaya memiliki perut yang rata / sixpack abs.

Program Latihan Membentuk Abs Untuk Wanita

Cara Membentuk Otot Perut Untuk Wanita


Perempuan wajib bekerja keras supaya memperoleh otot perut yang kencang dan kuat. Karena otot perut sendiri terdiri dari 3 bagian lapisan.

Bagian yang terdalam biasa disebut dengan transversus abdominis, dimana berfungsi seperti korset tubuh, berguna sebagai penahan dan menjaga stabilitas tubuh.

Kemudian ada rektus abdominis yaitu otot perut yang berfungsi untuk melenturkan tulang belakang.

Yang terakhir dan berada dekat dengan permukaan adalah obliques internal dan eksternal, yaitu berupa otot perut yang memutar batang tubuh.

Nah setelah Anda mengetahui bagian-bagian otot perut, maka saatnya Anda mulai mempelajari bentuk latihan perut supaya otot-otot perut tersebut semakin terlihat kuat dan kencang. Inilah cara membentuk otot perut (abs) untuk remaja wanita yang ideal.

1. Crunches

Pada dasarnya inti dari gerakakn crunches ini sama dengan gerakan sit up. Yang berbeda adalah rentang gerakan crunches lebih sempit dan posisi kedua kaki tidak menyentuh pada matras, melainkan diangkat bareng dengan tubuh bagian atas. Dan gerakan crunches lebih efektif untuk membentuk otot perut menjadi lebih kuat daripada gerakan sit up.

Jadi jika Anda rajin melakukan latihan crunches dengan benar, maka akan mudah untuk Anda mendapatkan perut sixpack. Karena latihan crunches ini fokus untuk melatih otot perut bagian tengah. Lakukan gerakan naik turun 2-3 set.

2. Plank

Dengan melakukan latihan plank secara rutin dapat memperkuat otot-otot perut.

Cara melakukan plank yang benar yaitu dengan posisi berlutut dan letakkan kedua telapak tangan di depan, kemudian lengan bawah Anda di matras dan rentangkan kedua kaki ke belakang. Sehingga tubuh menjadi lurus.

Tahanlah pada posisi tersebut selama 8-12 hitungan. Ulangi gerakan tersebut sebanyak 2-3 set. Dengan begitu Anda akan mendapatkan perut yang kencang dan kuat.

3. Squat

Selain melakukan dua latihan di atas, ada baiknya Anda juga melakukan gerakan squat. Selain bisa untuk mengencangkan bokong, juga bagus untuk melatih otot inti tubuh (otot perut).

4. Push up

Lakukan gerakan push up setiap hari, untuk mendapatkan otot perut, otot lengan, otot bahu dan otot dada kencang.

Baca juga: Tips latihan otot perut di rumah supaya cepat jadi

5. Side Plank Oblique Crunches

Variasi plank ini lebih kompleks dari gerakan plank biasanya. Gerakan side plank oblique crunches membuat semua otot tubuh lebih bekerja ekstra, sehingga otot oblique dan eksternal dapat terlatih lebih banyak.

Cara melakukan latihan side plank oblique crunches yaitu Anda cukup ambil posisi berbaring miring dan angkatlah bokong Anda ke atas. Dan tahan hingga 8-12 hitungan. Ulangi hingga 12 repetisi.

6. Sit Up

Sit up merupakan gerakan paling sederhana dan biasa digunakan untuk melatih otot perut dan eksternal. Lakukan gerakan sit up sebanyak 2-3 set.

7. Jogging

Selain melakukan 6 latihan membentuk otot perut di atas, Anda juga harus lakukan jogging secara rutin. Lari ini berfungsi untuk melatih kardio guna membentuk otot-otot tubuh lainnya. Sehingga jangan hanya fokus pada latihan otot perut saja. Lakukan latihan jogging selama 15-30 menit, minimal dua kali dalam seminggu

Nah itulah program latihan membentuk otot perut abs wanita yang bisa dilakukan di rumah. Ayo mulai latihan jangan bermalas-malasan di rumah ya. Salam sehat dan jangan lupa share ke teman lainnya.
LihatTutupKomentar