Inilah 5 Manfaat Memiliki Otot Perut yang Kuat

Apa sih manfaat olahraga perut bagi tubuh? Secara umum manfaat bagi tubuh adalah membentuk otot menjadi lebih kuat dan menjaga kestabilan butuh. Namun masih ada manfaat lain yang lebih penting dari memiliki otot perut yang kuat.

Anda perlu paham terlebih dahulu bahwa otot inti merupakan serangkaian otot yang kompleks, dimana membentang mulai dari otot dada bawah, otot perut, otot punggung sampai otot di sekitar panggul.

Otot inti ini mempunyai peran untuk menstabilkan serta melindungi tulang-tulang belakang dan selalu ikut andil dalam setia gerakan tubuh manusia.

Selain itu latihan olahraga perut tidak hanya bermanfaat untuk melatih otot perut menjadi kuat saja. Karena perut itu memegang peranan penting bagi tubuh Anda. Hal itu terjadi karena perut berada di antara tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah. Dengan kata lain perut memiliki center atau titik tengah untuk keseimbangan tubuh setia orang.

Hal itu bisa dibuktikan pada wanita yang sedang hamil, dimana perut semakin membesar, maka wanita tersebut berjalannya cenderung sempoyongan, dan bahkan mudah untuk terpeleset. Ini semua karena faktor tubuh menjadi tidak seimbang.

Nah oleh karena tersebut Anda harus tahu, manfaat apa saja jika memiliki otot perut yang kuat serta manfaat melatih otot perut dengan benar.

Manfaat Memiliki Otot Perut yang Kuat bagi tubuh

Manfaat Memiliki Otot Perut yang Kuat


1. Menjaga Kestabilan Tubuh

Pada dasarnya kekuatan seseorang berpusat pada bagian perut (tengah tubuh). Maka dengan melakukan latihan yang baik maka akan bermanfaat bagi otot pinggul, otot badan, dan otot dada menjadi lebih kuat. Dengan memiliki otot perut dan yang lainnya kuat, maka akan memudahkan Anda untuk bergerak.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Selain memiliki otot perut yang kuat dan stabil, otot perut yang terlatih akan terlihat semakin bagus dan membuat penampilan lebih keren. Selain itu mempunyai otot perut yang kuat dapat membuat postur tubuh menjadi lebih baik lagi.

3. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Dengan mempunyai otot ABS yang kuat maka keseimbangan /balance body menjadi lebih baik lagi. Sehingga Anda tidak mudah terpeleset ataupun jatuh karena keseimbangan tubuh yang buruk.

Selain itu jika memiliki otot perut yang kuat, maka Anda telah mengurangi resiko nyeri pada bagian punggung.

4. Mencegah Cedera

Contoh gerakan harian yang mengandalkan otot inti (perut) yaitu membungkuk ketika memakai sepatu, mengangkat boks berat, menoleh ke belakang dan duduk di kursi atau bahkan hanya diam berdiri.

Jika Anda menyadarinya semua aktivitas tersebut juga mengandalkan kinerja otot perut lho! Oleh karena itu latihlah otot perut Anda menjadi lebih kuat.

5. Menunda Proses Penuaan Dini

Tetap bugar juga berarti melindungi sistem-sistem penting di bawah permukaan kulit. Inti tubuh Anda tidak hanya ada di mana organ-organ dan sistem saraf pusat memusatkan energi mereka, namun juga di mana pembuluh darah tubuh dan arteri terbesar (dan paling penting) Anda berada.

Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di antara dinding perut dan organ-organ Anda, seperti hati dan usus. Itulah lemak yang lebih berbahaya, sehingga kelebihan lemak di area ini dapat menyebabkan tumpukan masalah-masalah kesehatan lain — dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.

Mendapatkan fleksibilitas dan stabilitas otot perut, punggung, dan tulang belakang akan menyegarkan dan meremajakan sistem tubuh yang membantu mengoptimalkan proses pengiriman sinyal ke otak, metabolisme, pembersihan racun, penyerapan gizi, pengaturan keseimbangan hormon — kesemuanya berperan dalam menunda proses penuaan dini. Pada akhirnya, inti tubuh yang kuat membuat Anda tampak dan merasa sehat serta bugar.

Nah semakin paham kan apa manfaat dari latihan dan memiliki otot perut yang kuat? Oleh kerana itu segera berlatih dan jangan lupa share artikel ini pada teman-teman yang lain.
LihatTutupKomentar