-->

Mengenal Otot Perut (Abdominal) Supaya Latihan Lebih Efektif

Abdominal atau otot perut adalah otot bagian dari tubuh yang berada di sekitar tulang dada dan tulang rusuk, dimana menyatu sampai ke bagian pinggul. Itu berarti otot perut itu membentang vertical sepanjang perut bagian depan yang berfungsi untuk menekuk badan.

Bagaimana apakah Anda masih bingung dengan otot perut? Jika Anda belum paham, mari kita mengenal lebih jauh tentang Abdominal atau otot perut.

Bagi yang biasa ke tempat gym, sudah pasti tidak akan bingung dengan nama lain dari otot perut atau abdomen ini. Namun ternyata masih banyak yang tidak tahu apa itu otot perut, yang bahasa kerennya abdominal.

Dimana otot perut atau abdominal merupakan bagian dari tubuh yang berada di sekitar tulang dada hingga tulang rusuk yang menyatu sampai bagian pinggul kita.

Otot perut mempunyai banyak fungsi dan manfaat buat kita semua. Salah satu fungsi utamanya otot perut ini adalah untuk membantu otot punggung agar menstabilkan tubuh supaya badan tetap berdiri tegak. Otot perut terdri dari beberapa bagian yaitu:

Mengenal Otot Perut (abdominal)

Jenis-Jenis Otot Perut

Rektur Abdominal

Dimana otot perut ini membentang secara vertikal pada sepanjang perut bagian depan yang bermanfaat untuk menekuk tubuh.

Sebagai contoh ketika Anda baru bangun tidur dan akan berdiri, disinilah fungsi dan tugas dari otot perut untuk menggerakkan badan.

Maka kalau lemak di bagian perut Anda banyak, maka jangan harap Anda bisa membentuk otot perut menjadi sixpack. Karena otot inilah yang akan menampilkan bentuk six pack di perut kita.

Eksterna Obliques

Eksterna Obliques adalah jenis otot perut terluar yang tugasnya untuk memutar badan kesamping kanan atau kiri.

Otot ekstenal obliques ini merupakan otot yang tipsi namun lebar dan otot ini berada dekat dengan kulit.

Dimana otot perut ini berada pada tulang rusuk bagian bawah, yang melintas menuju panggul. Bermanfaat untuk menjaga saat Anda berlatih menekuk badan ke arah samping kiri atau samping kanan.

Internal Obliques

Otot internal obliques ini terlatak di bawah otot external obliques. Otot ini berfugsi untuk membantu pergerakan tulang belakang ketika melakukan latihan sejenis crunch.

Selain membantu pergerakan tulang belakang, otot internal obliques ini juga berperan membantu menstabilkan tulang belakang ketika kita melakukan gerakan membungkuk atau memutar.

Tranversus Abdominus

Otot transversus abdominus adalah jenis otot yang berada di paling dalam diantara ketiga otot di atas tadi. Dimana otot tranversus abdominal memiliki peran untuk menstabilkan punggung bagian bawah.

Para ahli menyatakan bahwa gerakan berjalan, berlari dan sebagainya itu, otot inilah yang pertama kali aktif bergerak. Dan otot ini tidk bisa dilihat seperti pada otot sixpack, dikarenakan terletak pada bagian terdalam perut kita.

Nah itulah bagian-bagian otot perut/abdominal yang perlu Anda ketahui supaya dapat berlatih membentuk otot perut dengan benar.

LihatTutupKomentar