Inilah Pola Makan Fitnes Terbaik Untuk Pemula Kurus dan Gemuk

Pola Makan Fitness Terbaik bagi seorang pemula berbadan kurus dan gemuk - Sehingga resep makanan fitnes ini sangat cocok untuk tipe orang ectomorph maupun endomorph.

Pada pola dan tips menu makanan ini dapat menunjang program fitnes seperti menaikkan berat badan dan juga mengurangi berat badan. Selain itu pola makan fitnes juga dapat digunakan untuk program pembentukan otot tubuh.

Karena selain program fitnes yang baik, pola latihan dan pola makan juga sangat menentukan untuk hasil yang optimal dalam melakukan fitnes bagi orang kurus maupun gemuk.

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui bagaimana pola makan fitnes yang efektif. Sehingga latihanpun akan lebih menyenangkan dan efisien.

Dengan melaksanakan pola makan fitnes terbaik ini, maka Anda akan cepat mendapatkan tubuh atletis. Pola makan inipun juga baik digunakan untuk wanita ataupun pria. Itu dikarenakan volume makanan dan protein yang tinggi dapat meningkatkan hormon testosteron pada tubuh.

Contoh makanan yang tingg protein yaitu kacang-kacangan dan makanan yang tinggi serat. Akan membuat badan menjadi berisi dan terbentuk.

Untuk itu silahkan simak contoh pola makan fitnes terbaik di bawah ini.


Pola Makan Fitnes Terbaik Untuk Pemula Kurus dan Gemuk

Pola Makan Fitness Terbaik


Polaa makan fitnes yang baik itu dibagi dua jika ditinjau dari waktu mengkonsumsinya. Yang pertama jenis makanan yang dimakan sebelum melakukan fitnes dan yang kedua makanan yang dimakan setelah melakukan latihan fitnes.

Berikut merupakan menu makanan yang baik dalam pola makan untuk membentuk dan membangun otot sebelum melakukan latihan fitnes:


  • Karbohidrat : Roti gandum, beras merah, gandum, oats, sereal, ubi ubian, dan kentang.
  • Protein : Yogurt, putih telur, daging, daging ikan, susu protein (whey).
  • Lemak : Berguna untuk menambah lemak, oleh karena itu gunakan sedikit minyak pada menu makanan anda.
  • Buah dan Sayur : kacang kacangan, sayuran hijau, dan buah buahan tropis.

Selesai melakukan program latihan fitness, maka badan membutuhkan asupan nutrisi untuk mengembalikan energi yang terpakai. Makan pola makan yang dapat membentuk otot setelah melakukan program latihan fitnes yaitu:


  • Karbohidrat dan lemak : Minyak kelapa (secukupnya saja), keju, mayonaise, kacang kacangan, dan buah alpukat.
  • Protein : Susu suplemen whey protein terbaik, daging, putih telur, daging ikan, ikan yang mengandung minyak, yogurt.
  • Buah dan Sayur : Blueberry, strawberry,  sayuran hijau, apel dan sebagainya.

Selain hal tersebut perlu diketahui juga bahwa pola makan untuk orang yang suka fitnes (angkat beban) itu begitu berbeda dengan pola makan pada umumnya. Meski orang yang suka fitnes terlihat sering makan, tetapi makanan yang dikonsumsinya tidak sembarangan.

Di bawah ini merupakan rekomendasi pola makan guna membentuk otot khusus orang fitness.


1. Kurangi makan makanan jung food dan olahan

Adapun tips pola makan supaya dapat membentuk otot lebih optimal adalah dengan mengurangi makan makanan olahan. Karena makanan tersebut mengandung nutrisi yang kurang baik bagi tubuh Anda. Maka akan lebih bagus jika Anda makan makanan segar serta sehat seperti sayur mayur dan buah-buahan.

Selain itu pola makan yang terbaik untuk membentuk otot yaitu dengan menambah protein, karbohidrat dan kurangi lemak jenuh. Dan lebih baik Anda makan makanan olahan yang segar hasil buatan sendiri, dibandingkan dari hasil membeli. Karena kadar nutrisi pasti akan lebih terjamin.


2. Makan 5 sampai 6 kali perhari

Dengan memberi nutrisi pada tubuh melalui makan makanan ringan/kecil setiap hari secara rutin, dapat berguna untuk menjaga dan mengatur kadar gula dalam darah supaya tetap terkontrol. Hal demikian secara tidak langsung dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta menstimulasi perkembangan massa otot tubuh.


3. Konsumsi banyak protein

Supaya dapat memaksimalkan peningkatan dan pertumbuhan massa otot, Anda diharapkan mengkonsumsi protein setiap beberapa jam selagi tubuh melepaskan hormon yang membakar lemak badan. Untuk memperoleh sumber protein tinggi Anda dapat mengkonsumsi daging sapi, ikan laut, kedelai, dada ayam serta #suplemen whey protein.


4. Konsumsi karbohidrat

Karbohidrat dapat digunakan untuk melengkapi serta menyempurnakakn pola makan fitnes terbaik yaitu untuk membentuk otot dengan secara cepat. Jenis karbohidrat yang baik yaitu karbohidrat simpleks serta karbohidrat kompleks.

Dimana karbohidrat simpleks pada dilihat dari daya serap yang cepat seperti pada roti, susu dan lainnya. Pada jenis karbohidrat ini dapat meningkatkan gula dalam darah dengan cepat. Sedangkan karbohidrat kompleks mempunyai kandungan serat yang tinggi. Anda dapat memperolehnya dari kentang, jagung, otmeal, nasi merah dan lainnya.

Yang terpenting dalam mengkonsumsi karbohidrat adalah bagaimana mengkombinasikan kedua jenis karbohidarat di atas dengan benar dan tepat. Sebagai contoh makan bauh alpukat itu setelah selesai latihan fitnes dan makan nasi putih sebelum fitnes.


3 Pola Makan Fitnes Terbaik



1. Pola makan fitnes untuk pemula

Bagi seorang pemula dalam dunia fitnes biasanya akan kebingungan tentang pemilihan pola makan guna membantu pembentukan otot yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi menu makanan sehat yang banyak mengandung karbohidrat rendah, tinggi protein serta kaya antioksidan yang berguna untuk menyehatkan pembuluh darah.

Berikut contoh pola makan fitnes yang bagus untuk pemula yang bisa Anda coba.

  • Makan pertama pada Jam 07.00 dengan 1/2 cup blueberry, 2 telur ayam, 1/3 piring oathmeal, dan 1 cup yogurt.
  • Makan kedua pada Jam 10.00 dengan 2 Sendok takar susu protein, 1/3 susu skim, 3/4 gelas jus buah berry, 1 senduh teh serbuk kakao, 4 balol es batu serta segelas air mineral.
  • Makan ketiga pada Jam 13.00 dengan menu 80g daging sapi, burger dengan 2 lembar keju, 1 iris tomat, 1 sendok mayonaise, 2 lembar selada, dan 2 potong roti.
  • Makan keempat pada Jam 17.00 dengan Susu protein atau whey yang mengandung 50g karbohidrat serta 30g protein.
  • Makan kelima pada Jam 21.00 Udang, sayuran hijau, dan beras merah yang dimasak dengan olive oil.



2. Pola makan fitnes orang kurus untuk membentuk otot

Setelah Anda mulai mempunyai tubuh yang ideal serta proporsional, maka Anda baru bisa memulai membentuk tubuh sesuai dengan keinginan Anda. Maka sebelum itu, Anda wajib berusaha terlebih dahulu untuk membuat tubuh berisi dengan pola makan orang kurus yang benar dan baik di bawah ini:

  • Makan pertama pada Jam 07.00 dengan komposisi 1 lembar keju, 3 uutih telur, 2 poting roti, 1 gelas susu, dan 1 buah apel.
  • Makan kedua pada Jam 10.00 dengan komposisi Smoothie tinggi protein yang terbuat dari whey, serbuk kokoa, dan susu skimm buah berry.
  • Makan ketiga pada Jam 13.00 dengan komposisi Burger dengan 2 lembar keju, 2 lembar selada, 80g daging sapi, 1 iris tomat, 1 sendok mayonaise, 2 potong roti.
  • Makan keempat pada Jam 16.00 dengan komposisi Susu protein atau whey yang mengandung 50g karbohidrat serta 30g protein
  • Makan kelima pada Jam 19.00 dengan komposisi sayuran hijau, beras merah, dan dada ayam.
  • Makan keenam pada Jam 22.00 dengan komposisi Sepotong dada ayam tanpa nasi dan 1 batang brokoli.



3. Pola makan fitnes terbaik untuk menurunkan berat badan

Jika Anda termasuk orang bertubuh gemuk, maka pola makan untuk membentuk otot di bawah ini cocok untuk Anda. Dimana dapat membantu mempercepat proses penurunan lemak di tubuh. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks seperti buah alpukat, buah apel dan lainnya. Pola makan fitnes ini begitu efektif guna membantu membakar lemak tanpa mengurangi massa otot.

  • Makan pertama pada Jam 07.00 dengan menu 1 buah apel, 1 lembar selada, 1 lembar keju dan 3 telur ayam.
  • Makan kedua pada Jam 10.00 dengan menu Smoothie tinggi protein yang terbuat dari whey, susu skimm buah berry, dan serbuk kokoa.
  • Makan ketiga pada Jam 13.00 dengan menu tomat dan steak daging sapi dengan buah alpukat.
  • Makan keempat  pada Jam 16.30 dengan menu Susu protein atau whey yang mengandung 50g karbohidrat serta 30g protein.
  • Makan kelima pada Jam 20.00 dengan menu sayuran hijau, pasta, dada ayam dan brokoli.


Nah itulah beberapa pola makan terbaik untuk latihan fitnes dan latihan olahraga lainnya yang penting diketahui dan coba buat sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga supaya badan sehat dan bugar. Serta silahkan share artikel ini ke taman lainnya.

Sumber refrensi: SFIDN
LihatTutupKomentar