Bagaimana Cara Diet Vegetarian yang Benar

Memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi tubuh dengan sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan. Perlu diperhatikan dan dipersiapkan juga sebelum benar-benar menjalankan program diet vegetarian, ada baiknya Anda membuat perencanaan supaya diet dapat dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini akan membuat tingkat keberhasil Anda lebih tinggi dalam menjalankan diet dengan memenuhi rasa lapar melalui nutrisi yang cukup sehingga tetap bisa menurunkan berat badan. Dan Anda akan mendapatkan manfaat melakukan diet vegetarian secara maksimal.

cara diet vegetarian untuk menurunkan berat badan 5 kg

1.  Minum Campuran Madu dan Perasan Air Lemon

Bangun tidur dan perut masih dalam keadaan kosong, mulailah di pagi hari dengan meminum madu dan air lemon. Minuman ini sangat efektif sebagai detoks dalam menyingkirkan racun dalam tubuh.

2.  Sarapan

Jika pada menu sarapan terdapat telur mata sapi atau telur rebus, hindari kuningnya karena banyak mengandung lemak. Ganti kuning telur dengan jamur, paprika, bayam, atau bawang. Namun jika sarapan dengan sereal, kurangi porsinya atau gantikan dengan buah-buahan seperti apel, strawberry, pisang, pear, melon, atau pepaya. Kamu pun bisa memberikan variasi pada menu sarapan dengan buah dan memotongnya kecil-kecil.

3.  Makan Siang

Kurangi porsi makan siang yang mengandung karbohidrat tinggi seperti nasi atau mie. Gantikan makanan-makanan tersebut dengan sayuran segar seperti tomat, daun selada, dan timun. Bisa juga mengkukus sayuran seperti brokoli, wortel, asparagus, sawi putih, labu siam kecil, atau jagung manis. Porsi sayuran harus lebih dari 50 persen.

4.  Makan Malam

Untuk makan malam, ada baiknya menggunakan salah satu menu berikut ini:
  • Sup bening yang terdiri dari wortel, brokoli, jamur, dan jagung.
  • Semangkuk sayuran yang dikukus dengan pepes tahu.
  • Sepiring salad sayuran segar yang terdiri dari selada, paprika, tomat yang rendah kalori.


 5.  Camilan Malam

Untuk kamu yang belum bisa menghilangkan kebiasaan lama seperti nyemil di malam hari. Hal tersebut sangat diwajarkan pada program diet vegetarian. Hanya saja kamu perlu mengganti camilan dengan menggunakan kecambah, apel, mentimun, wortel, biskuit, atau talas kukus juga bisa dengan menggunakan jagung manis kukus.


Seperti Ini Makanan untuk Jalani Diet Vegetarian

Menyusun menu adalah salah satu cara melakukan diet. Inilah beberapa menu untuk diet vegetarian:

1.  Sayuran

Sayuran merupakan makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, fitonutrien, antioksidan, protein, dan serat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2.  Biji-bijian

Biji-bijian memiliki banyak kandungan serat, protein, vitamin, dan mineral. Biji-bijian juga mengandung asam lemak, namun lemak ini tergolong lemak sehat. Biji-bijian ini di antaranya adalah biji rami, wijen, biji bunga matahari (kwaci), dan biji labu. Biji-bijian dapat menjaga jantung agar tetap sehat. Selain itu karena seratnya, biji-bijian juga dapat mengurangi kolestrol dalam tubuh. Biji-bijian memiliki banyak manfaat. Selain menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan kolestrol, juga mampu memberi kekuatan pada tulang dan kecerdasan otak karena mengandung omega 3.

3.  Susu Kedelai

Protein hewani dapat diganti dengan susu kedelai yang bermanfaat sebagai nutrisi dan serat yang membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Makanan yang terbuat dari bahan kacang kedelai seperti tahu, tempe, dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme akan mengurangi nafsu makan, sehingga program diet vegetarian dapat berjalan dengan baik.

4.  Sereal dan Gandum

Diet Vegetarian bisa menambahkan menu roti gandum brown rice, oats, bubur, atau menggunakan roti barley yang merupakan makanan dengan kandungan akan kaya gizi yaitu zat besi dan zink sebagai penambah energi dalam tubuh.

5.  Buah-Buahan

Buah memiliki kandungan rendah kalori tapi kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Selain meningkatkan metabolisme, buah-buahan juga dapat menurunkan tekanan darah, kolestrol, dan menyehatkan jantung.
LihatTutupKomentar