Cara Budidaya Ikan Gabus Lengkap dengan Video

Ikan gabus (snakehead fishes) adalah sejenis ikan predator yang biasa hidup di air tawar. Ikan gabus ini memiliki banyak nama karna setiap daerah di Indonesia menyebutnya berbeda-beda. Ada yang menyebutnya bocek dari Riau, Aruan, Haruan, Kocolan, Bogo, Bayong, Licingan, Kutuk, Kabos dan lain-lainnya. Dalam bahasa inggris pun, ikan gabus ini dikenal dengan nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793). Sumber: Wikipedia

Cara Budidaya Ikan Gabus Lengkap dengan Video

Manfaat dan Kerugian dari Ikan Gabus

Dari segi ekonomi ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi, dimana bisa Anda tangkap dari sungai, danau atau rawa-rawa. Biasanya ikan gabus sebelum diperdagangkan akan diasinkan terlebih dahulu. Dan mempunyai harga yang cukup mahal, sehingga bisa dijadikan tagret bisnis ke depannya.

Selain itu ikan gabus ternyata juga bermanfaat buat kesehatan tubuh kita. Karena ikan gabus sangat kaya akan albumin (salah satu protein penting bagi tubuh). Dimana albumin dibutuhkan oleh manusia setiap hari, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka atau pada ibu hamil untuk proses penyembuhan setelah bersalin (sesar).

Selain bermanfaat untuk kesehatan ikan gabus juga bermanfaat untuk para petani dimana membantu mengurangi hama keong yang sering memakan padi.

Adapun kerugian dari adanya ikan gabus yaitu jika ikan gabus masuk ke kolam-kolam budidaya ikan. Maka ikan gabus akan memakan ikan-ikan kecil yang ada, bahkan mampu menghabiskan seisi kolam apabila ikan di dalam kolam masih kecil-kecil.

Nah itulah sedikit gambaran dari ikan gabus yang perlu Anda ketahui. Maka selanjutnya kita akan lebih fokus membahas bagaimana cara budidaya ikan gabus agar lebih menguntungkan.

Sebelum memulai membudidayakan/beternak ikan gabus, maka sebaiknya kita mengentahui terlebih dahulu jenis ikan dan media apa yang cocok untuk budidaya ikan gabus.

Jenis Ikan Gabus Apa yang Bagus untuk Dibudidayakan?

Ada beberapa jenis ikan gabus yang bisa dibudidayakan di rumah dengan skala kecil atau skala besar.

1. Great Snakehead

Ikan gabus jenis great snakehead ini sangat cocok untuk dibudidayakan, karena dapat tumbuh hingga 1 meter dan memiliki daging yang tebal plus bergizi serta bernilai ekonomis paling besar.

Ciri dari ikan great snakehead ini yaitu kepalanya lebih besar dan tidak bersisik daripada jenis snakehead lainnya. Badan lebih berwarna gelap dan licin.

2. Forest Snakehead

Jenis forest snakehead merupakan jenis ikan gabus yang paling banyak dipilih orang untuk dibudidayakan di rumah, karena ukurannya lebih kecil dari jenis great snakehead serta memiliki warna yang tidak begitu pekat. Ukurannya hanya bisa mencapai sekitar 40 cm saja.

Ikan jenis forest snakehead ini lebih tahan dalam berbagai cuaca dan suhu, sehingga akan lebih mudah dalam hal perawatannya ketika dibudidayakan di rumah.

3. Jenis Channa Gachua

Jenis ikan gabus channa cachua/ gabus bogo ini juga begitu populer di masyarakat Indonesia. Dimana ukuran tubuhnya bisa mencapai panjang 20 cm. Serta memiliki laju pertumbuhan yang begitu cepat dan mempunyai warna yang cantik daripada kedua jenis ikan gabus di atas tadi.

Dimana warna tubuhnya sedikit terang kecoklatan dengan sisi atas gelap serta memiliki bintik-bintik hitam di bagian samping ketika masih kecil. Dan jenis ikan gabus channa gachua ini juga bisa dijadikan ikan hias oleh sebagian orang.

Cara Menentukan Kolam untuk Budidaya Ikan Gabus

Ada beberapa model kolam yang biasa orang gunakan untuk beternak ikan gabus. Ada kolam beton, kolam tanah dan kolam terpal dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.


  • Kolam Beton: Pada kolam beton air tidak akan mudah kotor dan akan lebih higenis dikarenakan tidak bersentuhan dengan tanah. Struktur kolampun akan lebih kokoh dan awet, jika dibandingkan dengan model kolam lainnya. Sehingga tahan lebih lama. Selain kolam beton akan lebih mudah dibersihkan dan ikan yang dihasilkan tidak berbau lumpur ataupun tanah.


  • Kolam Tanah: Biasanya ikan gabus akan memperoleh pakan alami, sehingga ikan akan lebih sehat dari faktor tercukupi pakannya. Jika dilakukan pemupukan dahulu, maka perairan dalam koam akan lebih subur. Pakan alami akan lebih banyak jika proses pergantian air bersumbur dari aliran sungai.


  • Kolam Terpal: Cocok digunakan pada lokasi yang susah memperoleh air. Kestabilan suhu pada kolam lebih stabil. Panen akan lebih mudah dilakukan serta jarang ditemukan hama dan penyakit ikan.

Setelah kita mengetahui beberapa jenis kolam yang cocok untuk budidaya gabus, maka langkah selanjutnya yaitu bagaimana cara menentukan bibit ikan gabus yang baik?

Cara Menentukan Indukan/Bibit Ikan Gabus yang Bagus


Cara Budidaya Ikan Gabus Lengkap dengan Video
Supaya pembudidayaan ikan gabus berhasil dan sukses, maka Anda harus memiliki indukan yang bagus dan berkualitas baik.

Adapun kreteria yang paling simpel adalah indukan ikan sehat dan bergerak aktif serta memiliki berat badan minimal 1 kg.

Selain itu Anda juga harus bisa membedakan mana indukan gabus jantan dan indukan betina. Adapun perbedaannya ada di bawah ini.

  • Indukan ikan gabus betina memiliki kepala bulat, sementara indukan jantan kepalanya berbentuk oval.
  • Ikan gabus betina memiliki warna yang kontras, sementara indukan jantan warna lebih gelap.
  • Pada indukan gabus jantan, genitalnya berwarna merah dan jika ditekan dengan lembut akan mengeluarkan cairan bening.
  • Sedangkan pada indukan gabus betina genitalnya lebih besar dan akan mengeluarkan telur-telur kecil jika ditekan.

Makanan Apa yang Cocok untuk Benih Ikan Gabus

Ada banyak variasi pakan ikan gabus, mulai dari pelet yang dibeli di toko sampai pakan makanan yang dibuat sendiri.

Anda bisa membuat pakan ikan gabus sendiri dengan bahan daging ampas dapur, anakan rayap atau sisa ikan teri. Atau Anda bisa juga membuat pakan ikan gabus istimewa yang terbuat dari campuran jagung, bekatul, ampas tahu dan ikan teri, kemudian direbus bersamaan. Selanjutnya digiling lembut.

Note: Selalu ingat bahwa ikan gabus bersifat kanibal, sehingga Anda harus selalu memastikan bahwa jumlah makanan mereka cukup, karna kalau tidak akan saling makan dan membuat budidaya jadi rugi.

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Gabus yang Bagus?

Untuk dapat memulai budidaya ikan gabus hingga berhasil panen Anda harus bisa melakukan bebera step panduan cara budidaya ikan gabus dengan benar dan optimal.

Adapun cara budidaya ikan gabus meliputi:

  • Pemilihan kolam
  • Memilih indukan ikan gabus
  • Memulai proses pemijahan ikan gabus
  • Telur-telur mulai menetas
  • Menebar benih ikan gabus
  • Pakan ikan gabus
  • Proses panen ikan gabus

Cara Merawat Anakan Ikan Gabus Supaya Tidak Mudah Mati

Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak video di bawah ini!


Nah dengan mengikuti panduan budidaya ikan gabus di atas dapat membuat anakan ikan gabus tidak mudah mati.

Lokasi yang Tepat untuk Budidaya Ikan Gabus

Pada dasarnya tempat yang cocok untuk beternak ikan gabus adalah yang sesuai dengan situasi tempat Anda. Setelah itu baru pilih akan menggunakan kolam terpal, kolam tanah atau kolam beton.

Yang pastinya sesuaikan dengan modal Anda. Jangan membuat tempat budidaya diluar kemampuan dan jangan memaksakan diri untuk membuat tempat budidaya ikan gabus yang besar.

Nah yang terakhir adalah kapan waktu panen ikan gabus?


Pada kenyataannya masih banyak yang bertanya " Umur berapa ikan gabus siap dipanen?". Padahal pada dasarnya umur ikan gabus siap panen itu bervariasi tergantung dari permintaan.

Meski pada umumnya usia/umur 4 bulan ikan gabus udah bisa dipanen dengan ukuran yang lumayan besar. Dimana biasanya dalam 1 kg terdiri dari 3 ekor ikan.

Nmaun ada juga yang memanen ikan gabus pada umur 8-9 bulan, dimana setiap 1 kg nya terdiri dari dua ekor ikan gabus.

Intinya kecepatan panen ikan gabus ada pada jenis indukan yang bagus dan bibit yang digunakan. Jika menggunakan bibit yang besar, maka masa panen pun akan lebih cepat,  begitu juga sebaliknya.

Nah ini dahulu yang bisa Admin jelaskan tentang bagaiman cara budidaya ikan gabus yang benar supaya hasil panen melimpah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share keteman yan lain.

Sumber Refrensi:
https://www.99.co/blog/indonesia/cara-budidaya-ikan-gabus/
https://kolamterpal.net/analisa-budidaya-ikan-gabus/
LihatTutupKomentar