Cara Mengatasi Salah Bantal yang Benar

Sakit leher yang diakibatkan salah bantal adalah suatu hal yang sudah biasa terjadi pada siapa saja. Ada yang mengalami leher kaku/tegang, leher terasa nyeri dan susah untuk menengok ke kanan dan ke kiri.

Pasalnya, ketika sedang tidur posisi leher dapat berubah dengan sendirinya, meskipun Anda telah berusaha tidur/berisitirahat dengan posisi yang nyaman dan aman.

Sakit leher biasanya terjadi disebabkan adanya gangguan pada kontraksi pada otot-otot. Jadi supaya Anda dapat mengatasi sakit leher, Anda harus dapat mengembalikan fungsi otot-otot yang kejang tersebut.

Bagaimana cara menyembuhkan salah bantal? Pada umunya sakit leher yang diakibatkan oleh salah abntal bisa sembuh dengan sendiri dalam beberapa waktu/hari.

Namun jika rasa sakit leher membuat aktivitas Anda terganggu, Anda bisa segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya. Supaya mendapat penanganan yang lebih optimal.


Cara Mengatasi Salah Bantal yang Benar

Namun jika Anda malas untuk mengecekkan ke dokter, anda bisa mencoba beberapa cara mengatasi sakit leher karena salah bantal sebagai berikut:

Cara Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal secara Alami


Anda bisa mencoba cara sederhana berikut, untuk menyembuhkan sakit leher akibat salah bantal. Dengan begitu Anda dapat menangani sakit leher di Rumah.

1. Pijat bagian yang sakit


Cara Mengatasi Salah Bantal yang Benar

Anda bisa mulai melakukan pijatan/urutan halus kebagian otot yang terasa tegang. Dengan memijat/mengurut bagian yang sakit secara perlahan, maka akan membuat otot-otot yang kejang/tegang dan tremor akan menjadi relaks kembali. Jika Anda susah melakukannay sendirian, Anda bisa meminta bantuan ke pasangan Anda atau kerabat untuk memijat aret sekitar bahhu dan leher dengan lembut dan perlahan.

2. Regangkan otot leher

Karena adanya kontraksi otot yang berlebihan, maka membuat serabut otot akan tertarik dan memendek ketika otot mengejang.

Oleh karena hal tersebut, cara untuk mengtasi sakit leher adalah dengan melakukan peregangan otot leher yang benar.

Caranya adalah dengan melakukan gerakan leher ke arah yang berlawanan. Jika yang terasa sakit leher bagian kiri, maka Anda lakuakn gerakan leher ke arah kanan, begitu sebaliknya.

Catatan untuk melakukan hal ini, Anda harus tetap berhati-hati dan secara perlahan, supaya tidak menambah rasa sakit pada leher.

3. Mengistirahatkan otot leher

Setelah melakukan peregangan pada otot-otot leher, sebaiknya Anda mengistirahatkan otot leher Anda. Caranya adalah dengan mengurangi gerakan-gerakan pada leher. Ini berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri dan mempercepat pemulihan otot seperti semula.

4. Lakukan gerakan ringan


Cara Mengatasi Salah Bantal yang Benar

Setelah istirahat diras cukup, Anda bisa mulai melakukan gerakan-gerakan ringan. Seperti menengadah, menoleh ke kanan dan ke kekiri.

Yang perlu Anda tahu, biasanya pada awal melakukan gerakan ringan akan terasa sakit/nyeri. Namun usahakan tetap lakukan secara perlahan karena tujuan melakuakn gerakan ringan tersebut supaya otot leher tidak kaku dan mulai lemas.

Intinya Anda jangan melakukan gerakan secara paksa, cukup perlahan saja.

5. Menghindari gerakan memutar atau membunyikan leher

Kebanyakan orang ketika sakit leher mereka belum langsung menyadarinya. Hal pertama yang mereka sadari adalah otot leher terasa mengganjal, kaku dan nyeri pada leher. Selanjutnya akan terasa lebih berat dan sakit bertambah.

Nah itulah beberapa ciri-ciri sakit leher yang diakibatkan salah bantal.

Dan kebanyakan orang pada keadaan tersebut salah dalam melakukan penanganannya, dimana masih banyak yang langsung memutar serta membunyikan leher supaya rasa pegal dan mengganjal di leher hilang. Padahal hal tersebut sebanarnya tidak boleh dilakukan, karena dapat menyebabkan cidera baru. Karena hal tersebut malah dapat membuat saraf-saraf pada leher terjepit dan rasa nyeri pada leher akan semakin parah.

6. Lakuka kompres pada area yang sakit

Ada dua teknik mengompres untuk rasa sakit nyeri pada leher. Anda bisa memilih mengompres dengan es ataupun dengan air panas.

Sebenarnya tinggal dari tujuan Anda melakukan kompres pada leher.

Apakah untuk melebarkan pembuluh darah dan merelakskan otot-otot leher, atau untuk mengurangi rasa sakit dan memperkecil pembuluh darah serta menghentikan pendarahan kecil pada jaringan.

Jika tujuan Anda untuk merelaksasi otot leher, maka pilihlah kompres panas/hangat.

Sedangkan jiak tujuan Anda untuk mengurangi rasa nyeri pada leher, maka pilihlah kompres es/dingin.

Siahkan pilih sesuai dengan tujuan dan gejala yang Anda rasakan.

7. Pakai bantal yang tepat

Saat tidur gunakanlah bantal yang nyaman supaya mengurangi terjadinya sakit leher yang diakibatkan oleh salah bantal.

Gunakanlah bantal secukupnya dan jangan sampai bantal terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Jika Anda masih bingung bagaimana cara mengatasi sakit leher karena salah bantal, Anda bisa menyimak video di bawah ini dari chanel lifestyleOne.



Ciri-Ciri Bantal yang Bagus untuk Mengatasi Sakit Leher


Bantal dapat membuat posisi kepala terhadap sumbu tulang, leher, punggung dan pinggul lurus (tidak miring) /selaras saat tidur.

Tips Menggunakan Bantal Sesuai Posisi Tidur



  • Jika Anda tidurnya terlentang, maka sebaiknya gunakan bantal yang tipis, bisa yang berbentuk bukat guna mendukung lekukan alami pada leher.
  • Jika Anda lebih suka tidur menyamping, gunakan bantal yang lebih tebal supaya dapat menjaga keselarasan bentuk leher. Cara ceknya adalah dengan melihat jarak bahu dan telinga apakah terlalu dekat atau pada jarak semestinya ketika Anda sedang berdiri.

Nah itulah beberapa cara mengatasi sakit leher akiabt bantal yang bisa Admin jelaskan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman lainnya.

Sumber Refrensi:
https://www.99.co/blog/indonesia/mengatasi-sakit-leher-salah-bantal

https://www.halodoc.com/cara-menangani-sakit-leher-saat-di-rumah
LihatTutupKomentar