Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Leher Belakang

Sakit leher belakang terjadi karena banyak sebab, sebagai contoh akibat bekerja terlalu lama di depan komputer tanpa merubah posisi tubuh, akibat dari salah posisi tidur, salah bantal, akibat dari postur tubuh yang kurang baik ataupun karena cedera fisik.

Sakit pada area leher telah menjadi keluhan yang umum bagi banyak orang. Untungnya rasa sakit pada area leher bukan merupakan suatu tanda penyakit serius. Paling sering terjadi sakit leher ringan, dan Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah dengan beberapa cara sederhana di bawah ini.

Cara Mudah Menyembuhkan Sakit Leher Belakang

Cara Mengatasi Sakit Leher Belakang


Ada 7 tindakan sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengurangi rasa nyeri/sakit pada leher belakang Anda. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Berendam menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam

Perlu Anda ketahui bahwa larutan garam ketika mandi bisa membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang dan kaku, mengurangi rasa stres serta dapat melancarkan sirkulasi darah. Oleh karena hal tersebut, maka mandi dengan larutan garam mampu mengurangi rasa sakit leher serta menentramkan pikiran Anda menjadi lebih fresh.

2. Kompres hangat dan atau dingin

Anda bisa melakukan kompres hangat dan atau dingin ke bagian leher belakang yang sakit.

Dengan melakukan kompres hangat makan akan membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke leher serta dapat membantu otot-otot menjadi lebih rileks.

Atau Anda bisa melakukan kompres es/dingin ke bagian leher belakang yang sakit. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi rasa sakit/nyeri pada leher belakang Anda.

3. Pijatan lembut

Dengan melakukan pijatan lembut pada area leher yang sakit dapat meringankan otot leher belakang yang tegang menjadi lemas. Selain itu menurut penelitian, dengan pijatan dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, meski dalam jangka pendek.

4. Menggerak-gerakan otot leher dengan perlahan

Anda bisa mencoba gerak-gerakan otot leher secara perlahan. Lakukan gerakan ke kanan-ke kiri, ke atas dan ke bawah supaya otot leher mulai meregang.

5. Gunakan balsam

Anda bisa mengoleskan balsam/salep pada bagian leher yang terasa nyeri/sakit. Karena biasanya balsam/salep mengandung bahan aktif yang dapat menekan sinyal rasa sakit, seperti mentol, camphor dan capsaicin.

6. Perbaiki posisi tidur pada malam hari

Banyak sekali posisi tidur yang salah/kurang baik menjadi penyebab sakit leher belakang. Nah untuk mengatasinya, maka Anda wajib memperbaiki posisi tidur menggunakan bantal yang tidak terlalu rendah/terlalu tinggi supaya posisi kepala tidak naik/terlalu rendah. Beberapa contoh posisi tidur yang benar ada di bawah ya :)

7. Minum obat pereda nyeri

Jika 6 cara di atas belum dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada leher, maka silakan minum obat pereda nyeri seperti paracetamol di mana daapt berfungsi untuk mengurangi rasa sakit leher belakang. Dan pastikan Anda meminum obat pereda nyeri sesuai dengan aturan pemakaian.

Adapun posisi tidur yang benar dan berkualitas untuk kesehatan tubuh

  • Terlentang – Kedua Tangan Lurus di Samping Badan (Soldier)
  • Terlentang – Lengan ke Atas (Starfish)
  • Posisi Tidur Miring ke Kanan
  • Posisi Tidur Miring ke Kiri
  • Tidur Menyamping – Tangan ke Depan
  • Meringkuk – Posisi Janin
  • Tidur Tengkurap – Menghadap ke Bawah

Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak video dari chanel Sehat Secara Alami



Namun jika ketujuh cara di atas belum juga dapat membuat hilang rasa sakit pada leher bagian belakang, ada baiknya segera periksakan ke dokter supaya mendapatkan penangan yang lebih baik.

Karena terkadang sakit leher bisa lebih parah dan dibarengi gejala sakit yang lain, seperti lengan mulai mati rasa atau ngilu di bahu, nyeri pada dada dan sakit kepala. Sehingga alangkah baiknya diperiksakan ke dokter, supaya jika ada penyakit yang serius segera dapat ditangi dengan baik.

Nah itulah penjelasan mengenai cara mengatasi sakit leher belakang di rumah dengan benar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dishare keteman lainnya.

Sumber refrensi:
https://www.99.co/blog/indonesia/posisi-tidur-yang-benar/
https://www.alodokter.com/cara-sederhana-mengatasi-sakit-leher-belakang
LihatTutupKomentar