Jenis-Jenis Diet Cepat Kurus | Cepat Menurunkan Berat Badan Menjadi ideal

Jenis-Jenis Diet Cepat Kurus | Cepat Menurunkan Berat Badan Menjadi ideal

Anda wajib mengenali jenis diet yang ampuh untuk menurunkan berat badan, supaya badan bisa lebih kurus dan mendapatkan berat badan yang ideal tanpa menyiksa badan Anda sendiri.

Adapun berbagai macam/jenis diet yang bisa Anda pilih guna menurunkan berat badan. Dan singkirkan pilihan Anda pada jenis diet yang tidak dapat memberikan efek penurunan berat badan yang konsisten dan malah membahayakan kesehatan Anda.

Karena memang benar adanya, jenis diet yang dapat memberikan efek cepat menurunkan berat badan, namun ternyata juga berdampak pada penurunan kondisi kesehatan yang diakibatkan oleh program dan jenis diet badan yang cepat dan dratis.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan Anda harus memahami jenis-jenis diet yang ampun dan aman untuk menurunkan berat badan. Supaya dapat terhindar dari kesalahan pemilihan program dan jenis diet.

Jenis Jenis Program Diet


Ada banyak sekali jenis diet pada dewasa ini, yang bisa Anda pilih dan coba lakukan. Semua jenis diet ini pun mampu memberikan penurunan berat badan yang cepat dan efektif seperti diet mayo, diet tinggi protein dan diet shake.

Dimana ketiga jenis diet tersebut sempat menjadi perbincangan hangat di masyarakat karena mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Padahal dengan penurunan berat badan secara cepat tersebut pasti akan memberikan dampak pada badan Anda.

Macam-Macam Diet Terbaru


Sebelum kita membahas jenis diet terbaru, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang 3 jenis diet yang telah disebutkan di atas tadi yaitu: Diet tingg protein, diet shake dan diet mayo, supaya nantinya Anda bisa sekalian membandingkan serta dapat memilih jenis diet yang mana yang cocok bagi tubuh Anda.

1. Diet tinggi protein

Program diet tinggi protein adalah jenis program diet yang pelakunya diharuskan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan proteinnya, serta mengurangi mengonsumsi karbohidrat dari biji-bijian, sayur-sayuran, sereal dan buah-buahan.

Pada intinya jenis diet tinggi protein yaitu mengurangi/membatasi diri mengonsumsi asupan karbohidrat supaya proses program diet penurunan berat badan menjadi lebih cepat.

Karena dengan melakukan diet tinggi protein ini, akan membuat tubuh minim karbohidrat. Sehingga membuat tubuh akan membakar lemak lebih banyak sebagai reaksi alami tubuh dalam memenuhi kebutuhan energinya.

Jenis diet tinggi protein jika digunakan dalam jangka pendek memang tidak ada masalah, namun jika digunakan dalam jangka yang lama dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan tubuh, yaitu:

  • Tubuh kekurangan asupan nutrisi dan serat karena kurang mengonsumsi karbohidrat buah-buahan, sayur-sayuran. Sehingga dapat menimbulkan bau mulut, sakit kepala dan konstipasi.
  • Dapat menyebabkan peningkatan kolestrol serta risiko penyakit jantung, jika terlalu sering makan daging merah dan produkproduk berbahan dasar susu berlemak yang mana mengandung prottein tinggi.
  • Diet tinggi protein dapat menyebabkan urine mengandung kalsium, sehingga dapat menyebabkan terjadinya osteoporosis serta batu ginjal.

2. Jenis diet shake

Diet shake atau diet susu ini bisa Anda jadikan pilihan utama, jika Anda tidak mempunyai banyak waktu longgar untuk berbelanja serta menyiapkan makanan sehat.

Karena diet shake yang rendah kalori tersebut dapat menurunkan berat badan sebanyak 93 persen partisipan yang mengalami obesitas. Itu terjadi dikarenakan diet shake memiliki kandungan nutrisi makro esensial yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu deit shake juga mampu merubah komposisi tubuh termasuk perbaikan pada komponen radang dan stres oksidatif yang merupakan faktor utama pemicu penyakit kronik. Dan diet shake ini bagus digunakan dalam waktu yang panjang.

3. Jenis diet mayo

Diet mayo yang sebenarnya merupakan diet penurunan berat badan yang difokuskan kepada pengubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Namun sayangnya, ada pemahaman dan penerapan diet mayo yang keliru. Pemahaman keliru mengenai diet mayo ini erat dikaitkan dengan diet grapefruit atau diet mayo palsu. Secara khusus, diet mayo menganjurkan seseorang untuk mengonsumsi rendah karbohidrat tetapi tinggi lemak dengan menyisipkan grapefruit sebagai salah satu menu utama di dalamnya.

Diet grapefruit yang mengandalkan enzim pembakar lemak menjanjikan penurunan berat badan yang mencapai 5 kg dalam waktu 12 hari. Konsumsi rendah kalori yang mengutamakan buah yang bernutrisi tinggi seperti grapefruit memang merupakan pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Namun sayangnya, penurunan berat badan yang drastis karena menjalani diet mayo palsu ini kurang direkomendasikan karena bukan hanya kehilangan lemak, tapi tubuh dapat kehilangan cairan dan massa otot. Ditambah lagi bahwa kemampuan enzim pembakar lemak yang masih belum didukung oleh penelitian klinis menjadikan diet ini masuk ke dalam kategori tidak disarankan.

4. Jenis diet nasi

Perlu Anda ketahui bahwa karbohidrat seperti nasi merupakan penymbang tingkat obesitas tertinggi di masyarakat kita. Itu terjadi karena masyarakat kita menjadikan nasi sebagai makanan utama. Sehingga tidak heran jika resiko penderita diabetes tipe 1 dan tipe 2 di negara kita begitu tinggi dan menjadi perenggut nyawa tertinggi nomor dua setelah penyakit jantung.

Mengkonsumsi nasi putih sudah biasa Anda lakukan sehari minimal 3 kali, sehingga Anda bias mencoba diet nasi dengan cara mengurangi asupan karbohidrat dengan menyelingi dengan berbagai makanan lain.

Anda bisa mencoba mulai mengonsumsi nasi merah, jagung, gandum, ketela, ubi ataupun kentang sebagai ganti dari nasi putih.


5. Jenis diet food combining

Diet food combining (FC) merupakan bentuk diet yang disukai banyak orang. Karena pelaku diet dapat menentukan sendiri makanan apa saja yang ingin dikonsumsinya. Selain itu juga karena para ahli diet percaya bahwa tubuh manusia sebenarnya memliki kondisi pH atau keasaman darah yang wajib dipertahankan supaya tetap netral.

Oleh karena hal tersebut, maka hadirlah jenis diet food combining sebagai alternatif. Meski hadir sebagai solusi, namun para pelaku diet FC ini harus mengikut aturan yang berlaku, seperti:

  • Pelaku diet boleh memakan sayuran dan buah-buahan ataupun bersama protein (telur, daging dan ikan).
  • Untuk makanan jenis karbohidrat boleh dimakan bersamaan dengan sayuran.

Kuncinya adalah pelaku diet FC tidak boleh memakan karbohidrat dan protein secara bersamaan Karena pH darah akan menjadi kurang stabil serta dapat menambah berat badan.


6. Jenis diet dada ayam dan nasi merah

Dengan melakukan diet dada ayam dan nasi merah, maka Anda dapat membuat tubuh menjadi langsing dan ideal bebas dari timbunan lemak. Itu terjadi karena tubuh akan lebih banyak mengonsumsi serta.

Perlu Anda ketahui bahwa serat dapat memperlancar pencernaan serta membuang kotoran sehingga perut terhindar dari perut buncit.

Untuk melakukan diet jenis ini, Anda cukup makan dengan menu nasi merah dengan lauk dada ayam saja. Dan Anda boleh makan dengan menu tersebut sebanyak 5-6 kali dalam sehari, dengan syarat porsinya harus memperhatikan kebutuhan kalori tubuh.


7. Jenis diet ketofastosis

Banyak manfaat dari menjalankan program diet ketofastosis. Anda bisa menggabungkan diet fastosis dengan ketogenik. Caranya dengan berpuasa selama 6-12 jam dalam sehari dan diluar jam tersebut Anda hanya boleh makan makanan yang mengandung banyak lemak serta rendah karbohidrat.


8. Jenis diet plain/tawar

Diet ini seperti pepatah, "ibarat sayur tanpa garam yang berasa hambar", maka pelaku diet plain atau diet tawar akan terus melakukan pola makan sehat yang satu ini. Telah banyak orang yang mengeluh dan putus asa dalam menurunkan berat badannya, meskipun telah melakukan berbagai cara diet. Namun mereka tidak sadar dan lupa bahwa gula serta garam merupakan salah satu pemicu kenaikkan berat badan.

Maka dari itu, hadirnya jenis diet plain atau diet tawar, dimana tidak memberikan esensi rasa ke semua makanan yang akan Anda konsumsi. Karena makanan bagi pelaku diet plain/tawar ini hanya diolah dengan cara direbut atau dikukus saja. Sehingga hanya mengandalkan rasa asli dari rasa makanan tersebut.

Kendala awal melakukan program diet plain ini adalah para pelaku merasa tidak enak makan, karena makanannya tidak mengandung rasa di lidah.


9. Jenis diet rendah lemak

Pada jenis diet rendah lemak ini, para pelaku diet dituntut supaya dapat memillih dan mengonsumsi makanan memiliki jenis lemak sehat serta menghindari lemak tak jenuh seperti gorengan ataupun makanan fast food. Dan hanya itu saja yang harus dihindari.

Karena sejatinya tubuh harus membutuhkan lemak untuk membantu sistem metabolisme tubuh bekerja. Oleh karena itu ketika mau makan-makanan yang berlemak, Anda harus dapat memilih lemak yang sehat dan bukan lemak tak jenuh.


10. Jenis diet OCD

Jenis diet OCD atau Obsesive Corbuzier's Diet adalah jenis diet yang dibuat oleh pesula terkenal yaitu Deddy Corbuzier. Dimana hanya dalam beberapa bulan saja, Deddy bisa membentuk tubuhnya lebih berotot dan badan lebih sehat, bugar dan tampak awet muda.

Cara melakuan diet OCD ini adalah dengan puasa. Dimana pelaku diet hanya boleh makan selama 4, 6 atau 8 jam dalam sehari dan sisanya untuk puasa (tidak boleh makan) hanya boleh minum air putih saja.

Enaknya melakukan diet OCD adalah pelaku boleh makan makanan apa saja selama rentang waktu diet (waktu yang dipilih). Namun setelah diluar waktu diet, hanya boleh minum air putih saja.


11. Jenis diet ketogenic

Pada mulanya deit ketogenik hanya digunakan bagi para penderita epilepsi khususnya anak-anak. Diet ini mengandung lebih banyak lemak dengan perbandingan 80 persen lemak, 15 persen protein dan 5 persen karbohidrat, dimana gunanya untuk menjaga asupan nutrisi.

Karena lemak sangat berguna untuk meningkatkan perkembangan sistem metabolisme tubuh. Apalagi anak-anak sudah pasti berada pada masa pertumbuhan. Adapun menu yang disarankan seperti telur, daging, udang, ikan tuna, es krim dan sosis.

Untuk selingannya bisa dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Dan diet ketogenik ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk menurunkan berat badan guna mendapatkan tubuh lansing ideal.

12. Jenis diet HMR (Health Management Resources)

Diet health management resources (HMR) telah dinobatkan sebagai program diet penurun berat badan tercepat dan terbaik di dunia. Dimana diet HMR mampu berada di posisi paling atas dari 34 jenis diet lainnya yang telah diuji coba oleh US News & World Report's pada kategori diet terbaik tercepat penurun berat badan.

Program diet HMR ini dikembangkan oleh seorang psikolog Lawrence Stifler pada 30 tahun lampau. Dimana diet ini menerapkan gaya hidup sehat, akuntabilitas pribadi dan juga mampu meningkatkan aktivitas fisik.

Diet HMR dirancang untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi kalori melalui pergantian makanan dengan menambah buah serta sayuran. Selain itu makanan pokok diganti dengan shake/susu ataupun campuran sejumlah makanan yang telah dihaluskan.

Cara melakukan diet HMR
Anda harus melewati dua fase jika ingin menjalankan program diet HMR ini. Dimana fase pertama mempunyai tujuan untuk menurunkan berat badan secepat mungkin. Dimana Anda hanya akan mengkonsumsi rata-rata 1.200-1.500 kalori dengan menu makanan yang sudah disiapkan dengan tambahan buah dan sayuran. Adapun contoh menunya yaitu: tiga susu/shake, lima porsi buah dan dua makanan pembuka serta satu porsi sayur.

Pada fase kedua, Anda harus fokus pada perubahan gaya hidup yang lebih sehat selama 4-8 bulan kedepan. Dengan diimbangi melakukan olahraga dan aktivitas fisik, seperti berjalan selama 15-25 menit setiap harinya.

Seperti Apa Diet Sehat yang Dianjurkan?

Diet sehat yang dianjutkan adalah dengan cara menurunkan berat badan secara bertahap dan ini bagus untuk jangka waktu yang lama. Karena Anda akan lebih mudah dalam mengontrolnya.

Penurunan berat badan antara 0,5-1 kg dalam seminggu masih berada pada tingkat yang aman. Karena banyak jenis diet yang menggaransi mampu mengurangi berat badan dengan cepat, namun tidak bisa mempertahankan untuk jangka panjangnya. Dan hal itulah yang disebut dengan penurunan berat badan bersifat sementara. Maka dari itu yang terbaik adalah menurunkan berat badan secara bertahap.

Cara Melakukan Diet Sehat

Anda bisa memulai dengan mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan serta biji-bijian untuk mengganti menu makanan berkalori.

Dari keempat jenis makanan di atas mampu membuat Anda merasa kenyang karena kandungan serta yang ada di dalamnya.

Jangan lupa untuk selalu mengkomunikasikan menu pengganti makanan sehat Anda kepada dokter ahli diet Anda. Supaya mendapatkan petunjuk dan hasil yang lebih akurat/baik.

Selain itu Anda harus lebih banyak bergerak/berolahraga rutin/nge-gym supaya program diet penurunan berat badan lebih optimal. Contohnya ketika naik ke lantai 5, lebih baik jalan kaki daripada menggunakan lift.

Nah itulah jenis diet dan tips diet sehat yang bisa Anda pilih dan lakukan. Semoga berhasil dan jangan lupa share ke teman lainnya.
LihatTutupKomentar