Macam Macam Diet untuk Melawan Penyakit

Diet, biasanya, identik, dengan, penurunan, berat, badan., Selain, itu,, diet, pun, juga, bisa, dilakukan, untuk, melawan, penyakit, lho!

Program diet biasanya identik tentang penurunan berat badan dan badan menjadi ideal. Padahal, program diet juga dilakukan untuk melawan suatu penyakit. Seperti penyakit diabetes, penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lainnya. Kuncinya Anda harus bisa melakukan cara diet sehat yang benar! 

Nah untuk macam-macam diet yang biasa digunakakn untuk melawan penyakit tersebut, akan Admin bahasa di bawah ini. Silahkan dibaca sampai selesai ya!

Macam-Macam Diet untuk Melawan Penyakit


Adapun 5 jenis diet yang biasa Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit dalam tubuh yang bisa Anda coba lakukan dan pastinkan tetap dengan anjuran dokter ahli ya!

Jenis-Jenis Diet untuk Membantu Menyembuhkan Penyakit


1. Diet Vegetarian

Dari namanya saja (diet vegetarian) sudah jelas bahwa program diet vegetarian Adalah diet yang melarang/membatasi pelakunya makan daging serta makanan/produk yang berasal dari hewani.

Menurut para ahli from American Heart Association, bawah diet ini mampu menurunkan risiko penyakit obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung koroner serta penyakit diabetes.

Manfaat lain menjadi vegetarian?
Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, ternyata diet vegetarian juga bermanfaat untuk:
  • Membuat perut lebih sehat. Karena sayuran kaya akan serat yang diperlukan tubuh untuk menjaga pergerakan usus tetap bersih.
  • Lemak sehat. Dengan mengonsumsi sayuran setiap hari makan Anda akan mendapatkan lemak sehat yang tekandung dalam sayuran tersebut.
  • Risiko kanker kecil. Dengan menjadi vegetarian setiap hari maka Anda kaya akan antioksidan, phytochemical, mineral dan beberapa nutrisi lainnya. Dimana mampu buat lebih kuatnya sistem imun dalam tubuh guna melawan kanker.
  • Menurunkan berat badan sudah dibawah di atas tadi.


Makanan apa saja yang termasuk vegetarian?
Beberapa makanan yang boleh dikonsumsi oleh pelaku program diet vegetarian antara lain:
  • Buah-buahan dan sayur mayur
  • Biji-bijian seperti gandum, jagung, beras, oats serta sereal.
  • Kacang-kacangan.
  • Produk susu diet, kedelai, telur dan madu.


2. Diet Glycemic Index (Diet GI)

Program diet GI memiliki aturan yang membatasi asupan gula yang dikonsumsi oleh para pelaku diet. Sehingga dengan kondisi seperti ini, harapannya kadar gula dalam darah akan menjadi lebih stabil. Dengan begitu dua penyakit seperti kardiovaskuler dan diabetes dapat dihindari sejak dini.

3. Diet Ketogenic

Program diet ketogenic ternyata mampu untuk melawan dan menyembuhkan penyakit. Ini didasari karna diet ketogenic ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Salah satu contohnay deit ini hanya digunakan pada pasien epilepsi. Dimana diet ketogenic ini hanya mengonsumsi asupan 80% lemak, 15 % protein dan 5% karbohidrat setiap harinya.

4. Diet Bebas Gluten

Gluten adalah sebuah protein yang ditemukan pada kandungan gandum. Program diet ini sangat disarankan bagi penderita penyakit Celiac. Penyakit Celiac disebabkan karena adanya respon sistem imun terhadap gluten yang berlebihan.

Selain itu penyakit ini juga akan meruak sel dalam usus, sehingga dapat mencegah tubuh menyerap berbagai nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu dengan melakukan program diet bebas gluten ini, harapannya mampu menyembuhkan penyakit celiac.

5. Diet DASH

Dietary Approaches to stop hypertension atau biasa disingkat menjadi DASH. Dimana merupakan salah satu metode program diet untuk menghentikan darah tinggi. Sebutan itu diberikan karena memang dan terbukti bahwa diet DASH ini mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Nah itulah macam-macam progam diet yang berguna untuk melawan penyakit. Semoga bermanfaat dan jangna lupa share ke teman lainnya.
LihatTutupKomentar