Manfaat Diet Vegetarian Untuk Kesehatan

Manfaat Diet Vegetarian Untuk Kesehatan

Pengertian dari vegetarian yaitu: suatu pola makan yang menghindari makanan yang berasal dari hewani dan hanya mengkonsumsi makanan yang bersumber dari nabati. Sumber makanan nabati seperti, makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan jamur.

Biasanya seorang vegetarian atau pelaku diet vegetarian tidak akan makan daging dan ikan. Namun ada juga dari vegetarian yang teap makan telur dan olahan produk susu.

Namun memang ada juga yang melakukan jenis diet vegetarian yang ketat, mereka tidak mengkonsumsi makanan yang berasal dari produk hewani, termasuk madu.

Ada banyak sekali alasan mengapa orang melakukan diet vegetarian, salah satu manfaat kesehatan seperti dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes.


Ada beberapa jenis pola yang digunakan untuk melakukan diet vegetarian yang dilansir dari Medical News Today seperti, vegan, ovo-vegetarian, locto-vegetarian, pescatarians dan lacto-ovo-vegetarian.

Kita mengetahui bahwa telah banyak orang yang mulai mengurangi mengonsumsi makanan daging ataupun produk dari hewani dikarenakan alasan ideologis, etis maupun agama. Tetapi, ada juga manfaat kesehatan jika Anda menghindari dan tidak makan makanan hasil produk dari daging, antara lain:

1. Berat badan berkurang

Ada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 38 ribu orang menunjukkan bahwa pemakan ikan, vegetarian dan vegan mempunyai indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah daripada orang-orang yang memakan daging.

2. Dapat mengontrol kadar kalosterol

Para ahli telah membuktikan bahwa diet vegetarian tertentu dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dimana tingkat low-density lipoproteins (LDL), kolesterol jahat yang dapat membuat penyumbatan pada arteri koroner turun hingga 30% setelah rutin melakukan diet vegetarian.

Contoh makanan vegetarian yang dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh yaitu: almond, makanan berserat tinggi, proetein dari kedelai, sayuran hijau serta minyak sayur.


3. Mengurangi resiko kanker

Dalam penelitian yang melibatkan para pelaku diet vegetarian secara umum mempunyai risiko yang lebih rendah terkena penyakit kanker diabndingkan dengan orang-orang yang mengkonsumsi daging.

Meski pada penelitian yang lain menemukan bahwa penyakit kanker usus jauh lebih berisiko untuk para vegetarian. Itu disebabkan karena jenis makanan vegetarian memiliki lemak yang lebih rendah, terutama lemak jenuh dan mempunyai serat lebih tinggi daripada makanan yang berasal dari hewan.

Nah itulah manfaat dari diet vegetarian untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman lainnya.
LihatTutupKomentar