Sakit Tenggorokan | Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Ketika Menelan Makanan

Cara ampun untuk meredakan rasa sakit saat menelen makanan - rasa sakit ini biasanya terjadi dikarenakan adanya radang tenggorokan (sore throat) ataupun ada suatu benjolan di leher.

Sakit tenggorokan sendiri merupakan suatu kondisi yang tidak boleh disepelekan, karena tenggorokan yang sakit dapat membuat rasa tidak nyaman seperti nyeri, gatal dan sakit ketika menelan makanan atau minuman. Rasa sakit ini biasanya terjadi karena ada peradangan yang menyerang pada area laring, faring atau kelenjar amandel.

Selain itu sakit tenggorokan bisa juga disebabkan adanya suatu infeksi bakteri dan virus seperti virus flu, cacara atau campak. Atau bisa juga disebabkan oleh adanya reaksi alergi, polusi udara dan udara kering. Bisa juga terjadi karena adanya cedera di daerah tenggorokan atau trauma.

Meski sakit tenggorokan tidak begitu riskan dan bisa sembuh/hilang dengan sendirinya. Namun alangkah baiknya jika Anda segera mengobatinya. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit di tenggorokan ketika menelan makanan atau minuman di bawah ini.

Sakit Tenggorokan | Cara Mengatasi Tenggorokan Sakit Ketika Menelan Makanan

Tip Mengatasi Sakit saat Menelan


Perlu Anda ketahui juga bahwa sakit ketika menelan itu terjadi tidak hanya disebabkan oleh bakteri dan virus saja, namun juga bisa terjadi karena kebiasan berteriak, merokok atau terlalu banyak bicara. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan ketika menelan, maka cobalah beberapa cara sederhana berikut untuk mengatasi sakit tenggorokan.

1. Banyak minum air putih

Ketika merasakan rasa sakit saat menelan makanan/minuman, maka cobalah untuk memaksa diri minum air putih yang banyak. Ini dapat membuat lembab tenggorokan Anda. Sehingga dengan air putih tersebut dapat menghindari/mencegah terjadinya iritasi serta membuat tenggorokan lebih baik dan mampu meredakan radang. Bagi orang dewasa sebaiknya mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari.

2. Minum teh lemon dan madu

Teh lemon dicampur dengan madu dapat melegakan tenggorokan yang sedang sakit. Anda bisa meminum teh lemon dan madu pada dengan air hangat. Selain teh lemon dan madu, Anda bisa juga meminum minuman seperti wedang jahe, wedang uwuh, akar mani dan teh bunga chamomile. di mana minuman tersebut mampu melegakan dan meredakan rasa nyeri tenggorokan ketika menelan makanan dan minuman.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam ternyat tidak hanya untuk mengobati sakit gigi, namun juga dapat digunakan untuk mengurangi gangguan pada tenggorokan.

Berkumur dengan air garam hangat dapat membersihkan tenggorokan, mengencerkan dahak, mencegah infeksi saluran pernafasan bagian atas dan mengurangi pembengkakan.

Lakuka berkumur air gram dengan kepala menengadah ya, supaya air larutan garam tidak tertelan.

4. Kompres hangat di area leher

Saat menelan terasa sakit dan nyeri, maka cobalah lakukan kompres hangat di daerah leher. Anda bisa menggunakan kain yang telah dicelupkan ke air hangat dan sebelum digunakan untuk mengompres, terlebih dahulu diperas kainnya. Baru setelah itu bisa digunakan untuk mengompres di bagian leher yang terasa sakit/tidak nyaman.

Atau jika tidak suka menggunakan kain, Anda bisa menggunakan botol yang diisi air hangat untuk mengompres leher yang sakit.

5. Hindari asap rokok dan polusi udara

Asap rokok dan polusi udara merupakan salah satu penyebab sakit tenggorokan. Sehingga membuat Anda merasakan sakit/nyeri saat menelen. Oleh karena itu cobalah mengenakan masker wajah ketika melakukan suatu kegiatan/aktivitas di luar ruangan.

6. Makan sop

Dengan mengonsumsi sop ayam, sop daging dan sop lainnya yang hangat mampu meredakan rasa sakit di tenggorokan ketika menelan. Karena semangkok sop yang hangat dapat melegakan tenggorokan, meredakakn rasa sakit saat menelan dan mengencerkan lendir di tenggorokan.

Selain cara di atas, Anda bisa menyimak video dari chanel Ragam Khasiat tentang Bagaimana Cara Ampuh Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Menelan | Obat Sakit Tenggorokan di bawah ini.




Penyebab Umum Terjadinya Radang Tenggorokan


Bakteri dan virus merupakan penyebab paling sering radang sakit tenggorokan, namun masih ada beberapa penyebab lain yang sering Anda sepelakan seperti:

  • Udara, Suhu udara yang panas dan pengap bisa membuat tenggorokan menjadi gatal. Biasanya ini tejadi saat bangun tidur.
  • Terjadinya ketegangan otot tenggorokan, ini bisa terjadi pada orang yang biasanya suka berteriak-teriak. Karena dengan sering berteriak membuat otot tenggorokan menegang dan memicu radang tenggorokan.
  • Alergi, sakit radang tenggorokan bisa juga disebabkan oleh alergi debu, bulu binatang, jamu serta serbuk bunga yang beterbangan.
  • Terpapar polusi udara, polusi udara bisa membuat iritasi tenggorokan. Selain itu orang yang suka minum alkohol secara berlebihan, makanan pedas, dan merokok juga lebih sering terkena radang tenggorokan.
  • Terkena penyakit GERD, penyakit GERD ditandai dengan adanya rasa nyeri pda ulu hati yang disebabkan oleh tingginya asam lambung menuju esofagus. Apa itu esofagus? Esofagus adalah seuatu bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Sehingga ketika orang mengalami GERD, maka dapat menimbulkan radang tenggorokan.
  • Mengidap tumor tenggorokan, ciri-ciri orang mengidap penyakit ini yaitu terkena radang tenggorokan, suara serak, kesulitan untuk menelan, ada benjolan di leher, sesak napas dan adanya kandungan darah dalam air liur.
  • Difteri, adanya infeksi bakteri yang dapat berakit serius bagi orang yang sakit tenggorokan saat menelan, yaitu Corynebacterium diphtheriae. di mana bakteri ini mampu mempengaruhi selaput hidung serta tenggorokan dengan cara membentuk selaput putih biru tebal di atas permukaan dalam hidung, lidah, saluran pernafasan dan tenggorokan.

Adapun Gejala-Gejala yang Muncul Ketika Radang Tenggorokan

  • Terdapat ruam warna merah di langit-langit mulut.
  • Susah bernafas.
  • Susah untuk menelan.
  • Demam di atas 38 derajat.
  • Suara serak dan berdahak disertai dengan darah.
  • Kelenjar geah bening di leher dan ketika membengkak.
  • Amandel membengka dan adanya kotoran berwarna putih di mulut.


Makanan yang Harus Dihindari Ketika Sakit Tenggorokan

  • Makanan berlemak.
  • Makanan yang asam.
  • Makanan pedas.
  • Makanan gorengan/kering.


Note: Gejala radang tenggorokan yang tidak segera diatasi dapat mempengaruhi sistem kekebalan/imun tubuh. Biasanya tubuh akan merespon infeksi bakteri secara kacau, sehingga membuat zat kekebalan tubuh malah menyerang jaringan sehat pada badan. Sehingga dapat menimbulkan komplikasi baru.

Nah itulah beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit tenggorokan saat menelan makanan dan minuman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman lainnya.

Sumber Refrensi:
https://www.halodoc.com/6-cara-simpel-mengatasi-sakit-saat-menelan
https://www.alodokter.com/sakit-tenggorokan-saat-menelan-ini-penyebabnya
https://www.sehatq.com/artikel/tenggorokan-sakit-saat-menelan-pantangan
LihatTutupKomentar