Variasi Gerakan Kalistenik Untuk Membentuk Tubuh

Ada jenis olahraga dengan model gerakan kalistenik yang sedang tren dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Olahraga satu ini memanfaatkan berat badan kita sebagai tumpuannya sehingga gerakan kalistenik bisa dilakukan di mana saja, kapan saja dan pastinya gratis.

Nah berikut ada lima variasi gerakan kalistenik yang bisa Anda coba di rumah dan sangat cocok dilakukan bagi Anda yang ingin membentuk tubuh selama di rumah. #WFH

Variasi Gerakan kalistenik Untuk Membentuk Tubuh

Gerakan Kalistenik Untuk Membentuk Tubuh Atletis


Ada 5 variasi gerakan kalistenik yang mudah dilakukan tanpa perlu pergi ke tempat gym. Sehingga Anda tetap bisa membentuk tubuh Anda lebih kekar dan atletis selama di rumah.

1. Lakukan plank secara rutin dapat menguatkan otot inti tubuh

American Council on Exercise telah melakukan sebuah riset yang hasil adalah dengan melakukan plank secara rutin dapat membuat otot inti dan tulang punggung menjadi lebih kuat. Selain itu, otot perut juga akan menjadi lebih kuat serta stabil.

2. Lakukan push up untuk membentuk otot dada, bahu dan lengan

Kita semua sudah tahu dan tidak asing lagi dengan yang namanya latihan push up. Dimana gerakannay sederhana dan dapat dilakukan di rumah dan kapan saja tanpa bantuan alat.

Ternyata dengan melakukan gerakan push up secara rutin dapat digunakan untuk melatih otot trisep, otot bahu dan otot dada, dengan catatan Anda melakukan gerakan push up dengan benar.

3. Lakukan gerakan sit-up untuk membakar lemak di perut

Mr. Emily Cronkleton pada laman Healthline pernah mengungkapkan bahwa gerakan sit-up tradisional begitu efektif untuk tujuan memperkuat otot perut dan pinggul. Selain itu ternyata gerakan sit up juga mampu memperbaiki serta membentuk postur tubuh menjadi lebih kuat dan stabil, khususnya pada bagian perut dan pinggul. Sehingga Admin sarankan mulailah melatih otot perut di rumah dengan gerakan sit up.

4. Lakukan gerakan squat untuk menguatkan otot tungkai kaki

Pada sebuah jurnal ilmiah yang berjudul "The Health and Performance Benefits of the Squat, Deadlift, and Bench Press dijelaskan bahwa gerakan squat bermanfaat untuk melatih serta memperkuat otot tungkai kaki dan otot bokong.

5. Gerakan lunge mampu meningkatkan kecepatan berlari.

Mr. Joni Boyd mengatakan dalam artikel ilmiah yang berjudul The Undervalued Lunge bahwa gerakan lunge sangat efektif untuk meningkatkan kekuatan otot serta kecepatan berlati.

Adapun otot yang bisa dilatih menggunakan gerakan lunge yaitu otot gluteus maximus, otot paha depan, otto gastrocnemius, otot paha belakang dan otot betis.

Selain 5 variasi gerakan kalistenik di atas, Anda juga bisa mengikuti beberapa panduan gerakan kalistenik untuk pemula pada video di bawah ini.

PROGRAM LATIHAN MEMULAI CALISTHENICS UNTUK PEMULA




Nah itulah variasi gerakan kalistenik yang bisa Anda jadikan solusi ketika adanya physical distancing. Dan yakinlah meski gerak kita terbatas, namun selalu ada cara untuk mengatasinya terlebih jika Anda sering membuka blog wiwa10.com ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa sharenya.
LihatTutupKomentar