-->

Tips Menambah Jumlah Push Up yang Benar

Pastinya Anda ingin memiliki otot yang trebentuk dan kuat, sehingga akan menambah percara diri Anda soal penampilan. Oleh karen itu Anda bisa mencoba berlatih push up secara rutin.

Karena ketika Anda rajin melakukan push up, maka secara tidak sadar Anda telah melatih 3 bagian otot, yaitu otot bahu, oto dada dan otot trisep (otot belakang lengan atas).

Nah supaya Anda memperoleh hasil masimal dalam push up, maka Anda harus mengasah kemampuan push up Anda setiap hari.

Anda bisa mulai melakukan push up sebanyak 10 kali terlebih dahulu. Dan untuk latihan hari berikutnya Anda harus menambah jumlah hitungannya, bisa 2, 3, 4 atau 1. Lalu bagaimana cara menambah kemampuan push up uyang baik dan benar dari hari-ke hari?

Tips Menambah Jumlahj Push Up yang Benar

Tips Menambah Jumlah Push Up yang Baik dan Benar Agar Tidak Menimbulkan Cedera


1. Lakukan gerakn push up yang benar

Sebelum Anda menargetkan untuk menambah jumlah gerakan push up, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda telah melakukan teknik push up yang benar. Apbila Anda belum yakin, fokuslah pada latihan teknik dasar push-up terlebih dahulu.

Lakukan dengan pelan-pelan tanpa gerakan yang buru-buru. Rasakan bagaimana seharusnya gerakan yang dijalani. Tidak menggunakan teknik yang benar justru akan berisiko menimbulkan cedera pada beberapa bagian otot tubuh.

Setelah Anda bisa melakukan push up yang benar, barulah cari tahu jumlah pengulangan yang Anda sanggupi setiap set itu berapa kali. Sebagai contoh, selama 1 menit berapa banyak jumlah push-up yang bisa Anda lakukan. Nah dari sanalah Anda baru dapat menentukan target-target selanjutnya seperti apa.

2. Mulai dengan latihan push up dasar setiap hari

Buat jadwl dan lakukan latihan push up secara rutin dan terjadwal. Anda bisa melakukan latihan dasar dengan 3 set pengulangan, istirahat setiap 30 detik.

Setiap minggu, terus lakukan dan tambahkan jumlah repetisi tiap set yang Anda lakukan sebanyak 2-3 kali. Sebelum memulai latihan push-up juga lakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti jogging, bersepeda, atau lompat tali.

3. Gunakan beban tambahan ketika kemampuan sudah meningkat

Jika Anda sudah bertambah kuat dan merasa ringan ketika push up, maka saatnya menambah beban / pemberat ketika berlatih push up.

Anda bisa mencoba menggunakan ransel yang berisi buku/pasir atau yang lainnya. Tujuan penambahan beban ini, supaya Anda bekerja lebih ekstra lagi, agar merangsang otot lebih kuat lagi.


4. Coba lakukan variasi gerakan push up yang lain

Anda bisa mencoba berlatih push up dengan variasi push up lain, apabila teknik push up dasar Anda sudah benar.

Variasi push up antara lain: mengangkat salah satu kaki ketika push up, melakukan gerakan incline push up di tepi bangku, push-up plyometric dan meninggikan bagian telapak kaki.

5. Akhiri latihan push up dengan latihan flank

Cara lain supaya daapt menambah jumlah push up yaitu dengan melakukan latihan tambahan pada sesi terakhir push up yaitu dengan melakukan gerakan plank.

Dengan latihan plank ini dapat meningkatkan kekuatan otot serta melatih stabilitas otot inti tubuh yang menunjang ketika Anda berlatih push up.

Selain itu gerakan plank juga sangat baik untuk melatih otot perut dan hasilnya otot perut akan semakin kencang. Dan inipun bermanfaat ketika Anda berlatih push up karena perut juga berpengaruh saat Anda push up.

Anda bisa mencoba berlatih plank selama 30 hitungan pada setiap akhir sesi latihan push up.

6. Istirahatlah yang cu.kup

Apabila Anda melakukan latihan push up sampai batas kemampuan, maka wajib berikan waktu istirahat yang cukup supaya tubuh dapat beristirahat dengan maksimal, sehingga proses pemulihan akan optimal.

Jika Anda memaksakan diri untuk terus melakukan latihan push-up saat tubuh merasa sangat lelah ini tidak akan meningkatkan kemampuan push-up Anda. Justru ini bisa mengakibatkan penurunan kekuatan dan daya tahan otot.
By: Ikhsan Angga Kusuma

Nah iutlah beberapa tips supaya dapat melakukan push up lebih banyak. Selamat mencoba dan jangan lupa share artikel ini ya...
LihatTutupKomentar