-->

5 Aplikasi Sepeda Gratis dan Bagus yang Wajib di Instal

Pada masa New Normal seperti ini, kini semakin banyak orang orang yang bersepeda. Banyak manfaat positif / kesehatan bagi tubuh yang bisa diperoleh dari bersepeda. Namun terkadang orang berlebih dalam menggunakan sepeda dan pada akhirnya menimbulkan cedera.

Namun tenang, bagi Anda yang suka bersepeda kini ada beberapa aplikasi sepeda gratis yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kegiatan olahraga sepeda tersebut.

Aplikasi sepeda ini sangat berguna bagi para penggunanya. Aktivitas olahraga sepeda bisa lebih terukur dengan baik, seperti rute bisa diatur menjadi lebih aman. Dan yang lebih seru adalah Anda bisa berbagi pengalaman ke teman-teman lainnya yang juga suka bersepeda lho.

Di HP Android serta iOS ada banyak sekali aplikasi pesepeda yang bisa Anda coba gunakan. Ada yang gratis serta ada juga yang berbayar. Namun aplikasi yang gratis pun ada juga yang tidak kalah dengan yang berbayar lho (baca tidak jelek).

Ada 5 aplikasi pesepeda gratis yang fitur-fiturnya cukup komplit. Seperti yang Admin himpun dari berbagai sumber di bawah ini.

5 Aplikasi Sepeda Gratis dan Bagus yang Wajib di Instal

5 Aplikasi Pesepeda Gratis dan Bagus


1. Strava

5 Aplikasi Sepeda Gratis dan Bagus yang Wajib di Instal

Beberapa website gaya hidup sehat dan bersepeda yakni Cycling Weekly, Quadlock dan Bikeradar sepertinya setuju bahwa aplikasi sepeda terbagus di tahun 2020 yaitu Starva. Aplikasi Strava ini gratis dan bisa diupgrade ke versi premium dengan biaya USD 9,99/bulan.

Aplikasi Strava tidak hanya diperuntukan untuk sepeda. Namun Strava juga bisa digunakan untuk jogging atau kegiatan olahraga lainnya. Dan yang familiar adalah Strava tampilannya seperti media sosial penggemar olahraga.

Strava sendiri memiliki fitur untuk mengkur seberapa jauh Anda bersepeda. Selain itu Anda juga bisa memfollow teman-teman dan melihat bagaimana cara mereka berlolahraga. Dan juga bisa sama-sama membuat leaderboard yang berguna untuk mengadu siapa yang paling rajin bersepeda diantara mereka.

2. MapMyRide

5 Aplikasi Sepeda Gratis dan Bagus yang Wajib di Instal

Jika Anda suka bersepeda dan kebingungan mencari rute sepeda yang aman, Anda bisa mencoba aplikasi bernama Map My ride GPS. Dimana aplikasi ini akan memberikan refrensi rute yang aman dan asyik untuk Anda.

Aplikasi Map My Ride GPS ini gratis tinggal download di Playstore dan juga ada yang versi premium juga.

Aplikasi Map My Ride tersebut menyediakan fitur latihan, analisa performa seta statistik berbasis GPS pada Smartphone Anda.

Dari durasi, jarak, speed, pace, kalori serta rute baru akan terpantau. Selain itu MapMyRide juga sudah memiliki komunitas, sehingga Anda bisa share hasil bersepeda Anda ke teman lainnya.

3. Cyclemeter

5 Aplikasi Sepeda Gratis dan Bagus yang Wajib di Instal

Aplikasi pesepeda yang ketiga yaitu Cyclemeter. Aplikasi Cyclemeter dirancang bagi yang hobi bersepeda. Fitur dari Cyclemeter begitu lengkap seperti grafik, interval, zona, peta, log latihan sehingga seperti komputer sepeda yang canggih.

Anda tinggal instal dan pakai aplikasinya, nanti aplikasi bakalan menyusun sendiri data prefrensi rute, monitor ststistik, waktu tersisi dan jarak. Selain itu Anda bisa juga menyetel sendiri penanda suara guna memulai serta menyetop kegiatan bersepeda Anda.

Dan hebatnya lagi aplikasi Cyclemeter ini adalah Anda bisa mendengar komentar dari teman-teman di media sosial lewat remote earphone. Dan hasil dari bersepeda Anda bisa dishare di Facebook.co , twitter serta aplikasi Strava juga.

Kekurangnya adalah aplikasi Cyclemeter ini hanya tersedia di iPhone dan belum tersedia di hp Android. Padahal ini gratis lho.

4. Komoot


Dua website seperti Bikeradar dan Cycling Weekly menyebutkan aplikasi yang patur dicoba peseda yaitu Komoot. Dimana aplikasi pesepeda ini dapat menambal kekurangan dari Google Maps.

Dimana pada Komoot memakai open source OpenStreeMap database serta menyusun rute yang lebih aman, ramah untuk pesepeda.

Jika Anda suka bersepeda di gunung, di jalan berkerikil, di jalan raya itu semua bisa diatur rutenya menggunakan Komoot. Dimana setelah menentukan titik awal dan akhir pada aplikasi Komoot, maka Komoot akan menganalisa tingkat kesulitan, kebugaran tubuh yang dibutuhkan serta kondisi medan yang akan dilalui.

Aplikasi Komoot tersedia gratis bagi pengguna HP Android dan iOS, dimana ada versi gratis dan versi premiumnya.


5. Google Maps

5 Aplikasi Sepeda Gratis dan Bagus yang Wajib di Instal

Tidak bisa rasanya menyebutkan aplikasi untuk pesepeda tanpa menyebut Google Maps. Aplikasi Google Maps yang tersedia di smartphone adalah aplikasi paling dasar, paling mudah untuk Anda yang mau bersepeda.

Google Maps punya fitur jalur sepeda, selain motor, mobil dan kendaraan umum. Cara pakainya pun paling gampang. Tentukan titik tujuan dan Google Maps akan kasih tahu rutenya.

Fitur sepeda di Google Maps cocok untuk pesepeda untuk tujuan kerja atau jalan-jalan, bukan pegiat olahraga. Kalau mau bersepeda sambil mampir-mampir ke tempat menarik baik itu objek wisata atau tempat makan, Google Maps adalah aplikasi sepeda ideal, gratis dan pasti ada di setiap iPhone dan Android

Nah itulah ulasan 5 aplikasi pesepeda gratis yang bisa Anda coba gunakan. Semoga bermanfaat, jangan lupa share serta berikan tanggapan pada kolom komentar ya...
LihatTutupKomentar