Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Bikin Masker Kain tanpa Mesin Jahit yang Mudah dan Efektif

 

Cara membuat masker kain

Pada masa pandemi virus corona baru ini mewajibkan semua orang harus mengikuti serta melakukan protokal kesehatan, salah satunya yaitu dengan menggunakan masker. Dan kabar baiknya adalah Anda bisa membuat masker kain tanpa harus menggunakan mesin jahit.


Anda tidak perlu membuat masker medis, Anda bisa menggunakan masker kain yang terpenting sesuai dengan standar dan anjuran dari WHO serta pemerintah. Dan apabila Anda juga tidak bisa menjahit dengan mesin jahit, Anda bisa mencoba cara membuat masker tanpa mesin jahit berikut ini. Silahkan disimak dan segera praktekkan.


Melansir dari website Greenmatters.com, ada 5 langkah yang perlu Anda lakukan agar bisa mencoba tips cara membuat masker kain tanpa mesin jahit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:


1. Terlebih dahulu siapkan bahannya, Anda bisa menyiapkan bandana ataupun kain lain yang berbentuk segi empat, ikat rambut serta gunting.

2. Taruhlah kain berbentuk segi empat tersebut pada bidang datar, selanjutnya lipatlah kain tersebut menjadi empat lapis.

3. Pasanglah ikat rambut/tali di kedua ujung kain.

4. Lalu lipatlah kedua ujung kain ke arah dalam.

5. Dan sudah jadi. Saatnya pakailah masker bautan Anda.


Note:

Masker yang benar adalah masker yang bisa menutupi hidung dan mulut Anda.


Perlu Anda ketahui, bahwa cara membuat masker kain tanpa mesin jahit by Greenmatters.com hanya cocok digunakan pada saat darurat saja. Anda tetap wajib memiliki masker lain yang lebih nyaman untuk dipakai.


Bagaimana cara memilih masker yang baik untuk Anda? Masker yang baik untuk Anda pakai adalah yang terbuat dari bahan yang tebal tapi tetap nyaman dipakai. Maka pemilihan bahan merupakan hal terpenting supaya Anda tidak merasakan kesulitan bernapas ketika memakai masker.